Article Details

Main Article Content

Anggi Apriliani
Yuliana Kansrini
Puji Wahyu Mulyani

Peran ekosistem kewirausahaan adalah pengaruh yang diharapkan dari pihak stakeholder untuk membuka peluang interkoneksi dan antar koneksi dengan berbagi pengetahuan, budaya, menciptakan inovasi dan kreativitas, serta mengintegrasi sumber daya. Ekosistem kewirausahaan telah menjadi faktor penting dalam mendukung manajemen usaha kelompok PWMP dan menciptakan lingkungan yang memungkinkan untuk pertumbuhan serta perkembangan kelompok PWMP. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran ekosistem kewirausahaan dalam mendukung Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) di Politeknik Pembangunan Pertanian Medan. Kajian dilakukan pada bulan Desember 2022 sampai Mei 2023 di lokasi kelompok Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) yang tersebar di beberapa provinsi yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat. Penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner dan wawancara kepada 119 orang yang tergabung ke dalam Kelompok PWMP Tahun 2021-2022. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Data dianalisis menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan peran ekosistem kewirausahaan pada aspek peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah sebesar 80,17 persen, aspek akses permodalan adalah sebesar 82,92 persen,  aspek akses pasar adalah sebesar 76,07 persen, aspek pengembangan jejaring pendukung adalah sebesar 79,97 persen sehingga peran ekosistem kewirausahaan dalam mendukung Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) di Politeknik Pembangunan Pertanian Medan termasuk kategori tinggi yaitu 79,78 persen.

Keywords: Kelompok PWMP Peran ekosistem kewirausahaan Polbangtan medan

Aguinis, H. (2019). Performance Management for Dummies. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Arisando, S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengelolaan Keuangan dan Akses permodalan Terhadap Penjualan UMKM di Bandar Lampung. Skripsi, Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Bukit, B., Tasman, T., & Abdul, R. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Giawa, C., Pasaribu, R. M., & Pasaribu, H. D. S. (2021). Kinerja Usaha Sebagai Moderasi Jaringan Usaha Terhadap Pengembangan Usaha (Studi Mitra Binaan Pegadaian Medan). Journal Of Economic and Business, 2(2), 1-17.

Hamel, C., & Wijaya, A. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha UKM Di Jakarta Barat. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(4), 863-872.

Harindiarsyah, R., V., Bachtiar, dan Setiawan, F. (2021). Analisa Aktor dan Faktor pada Penerapan Ekosistem Kewirausahaan Pondok Pesantren (Studi Kasus Ponpes Nurul Amanah Bangkalan). Maro: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 4(2), 87–100.

Hasibuan. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia cetakan 12. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Isenberg, D. (2011). The Enterpreunership Ecosystems Strategy as a New Paradigm of Economics Policy: Principle for Cultivating Entreprenuership. Babson Global.

Kotler, P.& G., Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 2. Jakarta, Penerbit Erlangga.

Lestari, C., Lubis, N., & Widayanto, W. (2015). Pengaruh jaringan usaha, inovasi produk dan persaingan usaha terhadap perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah (studi pada IKM makanan Di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan Jawa Barat). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 185-196.

Lusimbo, E. N., & Muturi, W. (2016). Relationship between Financial Literacy and the Growth of Micro and Small Enterprises in Kenya: A Case of Kakamega Central Sub- County. International Journal of Devlopment and Economic Sustainability, 62(5), 56–61.

Purbasari, R., Wijaya, C., & Rahayu, N. (2021). Identifikasi Aktor dan Faktor Dalam Ekosistem Kewirausahaan: Kasus pada Industri Kreatif di Wilayah Priangan Timur, Jawa Barat. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 241-262.

Salahudin, S., Wahyudi, W., Ulum, I., & Kurniawan, Y. (2018). Model Manajemen kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Usaha Tepung Tapioka. Aristo, 6(1), 18-44.

Stam, E., & Spigel, B. (2016). Entrepreneurial ecosystems (Vol. 16, No. 13, pp. 1-15). USE Discussion paper series.

Widiastuti, E. (2019). Peningkatan Pengetahuan, Ketrampilan dan Kemampuan Sumber Daya Manusia sebagai Strategi Keberlangsungan Usaha pada UMKM Batik di Kabupaten Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, 21(1).

Received: 12 Nov 2023; Accepted: 29 Apr 2024; Available Online: 04 Jun 2024;