Article Details

Main Article Content

Gohan Octora Manurung
F. Trisakti Haryadi
Partini Partini

Generasi milenial yang bekerja di bidang pertanian punya potensi besar dalam mengembangkan jiwa wirausaha pertanian sebagai petani milenial. Pilihan hidup petani milenial untuk berwirausaha di bidang pertanian perlu dianalisis bagaimana lingkungan sosial, peran agen perubahan, pemanfaatan teknologi digital mempengaruhi persepsi kaum milenial di bidang pertanian. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Lampung Selatan yang merupakan daerah sentra produksi pertanian di Provinsi Lampung.  Karakter petani milenial yang unik adaptif dengan teknologi informasi dan komunikasi juga memiliki berbagai kelemahan dan kelebihannya untuk mau berwirausaha pertanian. Faktor dari internal dan eksternal mendorong motivasi petani milenial untuk berwirausaha di bidang pertanian.   Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor peran agen perubahan, pemanfaatan teknologi TIK, lingkungan sosial dan persepsi terhadap motivasi berwirausaha di bidang pertanian.  Pengambilan sampel penelitian dilakukan di Kabupaten Lampung Selatan dengan cara cluster random sampling, 3 klaster zonasi, 6 kecamatan dengan total sampel 125 orang.  Alat analisis statistik dilakukan dengan menggunakan Path analisis menggunakan program Statistik IBM Amos 22.  Motivasi dipengaruhi secara langsung oleh variabel persepsi (p < 0,01) dan pemanfaatan teknologi (p < 0,02). Variabel pemanfaatan teknologi TIK dan lingkungan sosial dapat berpengaruh secara tidak langsung terhadap motivasi melalui persepsi. Agen perubahan mempengaruhi lingkungan sosial dan pemanfaatan teknologi TIK yang akan mempengaruhi secara tidak langsung kepada motivasi petani melalui persepsi. 

Keywords: Motivasi Pertanian Petani milenial Wirausaha

Abiwodo. (2020). Digitalisasi Pertanian dan Peran Bank Negara Indonesia Dalam Ketahanan Pangan Paska Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Lemhanas RI, 8(3), 1–17.

Azwar, S. (1995). Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya (Edisi II). Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (Edisi IV). Pustaka Pelajar.

BPS. (2021). Keadaan Angkatan Kerja Provinsi Lampung 2020 Labor Force Situation of Lampung Province 2020 (H. S. Indraswari, I. P. M. Simamora, K. N. Damayanti, R. Trianda, & Yosep (eds.); Issue 1). BPS Provinsi Lampung.

BPS Lampung Selatan. (2022). Kabupaten Lampung Selatan Dalam Angka 2022 (Supardi & S. K. Astrilestari (eds.)). BPS Kabupaten Lampung Selatan.

Budiati, I., Susianto, Y., Adi, W. P., Ayuni, S., Reagan, H. A., Larasaty, P., ... & Saputri, V. G. (2018). Profil generasi milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM Edisi 7 (Edisi 7). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hariadi, S. S. (2011). Dinamika kelompok: teori dan aplikasinya untuk analisis keberhasilan kelompok tani sebagai unit belajar, kerjasama, produksi, dan bisnis. Sekolah Pascasarjana, Universitas Gadjah Mada.

Haryanto, Y., Effendy, L., & Yunandar, D. T. (2022). Karakteristik Petani Milenial pada Kawasan Sentra Padi di Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan, 18(01), 25-35.

Junaedi, A. J., Anwarudin, O., & Makhmudi, M. (2020). Dinamika Kelompok tani terhadap Minat Generasi Muda pada Kegiatan Usaha Tani Padi (Oryza Sativa. L) di Kecamatan Gantar Kabupaten Indramayu. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 501-512.

Ningrum, A. P. (2021). Konsep Diri Petani Milenial di Era Digital (Studi Kasus pada Petani Milenial di Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Ruhimat, I. S. (2015). Tingkat motivasi petani dalam penerapan sistem agroforestry (Farmers motivation level in application of agroforestry system). E-Journal Penelitian Sosial Dan Ekonomi Kehutanan, 12(2), 131-147.

Sobri, I. (2019). Pengaruh Persepsi Mengenai Pemberian Tunjangan Kinerja Terhadap Kinerja Pegawai dengan Motivasi Internal sebagai Pemediasi (Studi di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung). (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Susilowati, S. H. (2016). Fenomena Penuaan Petani dan Berkurangnya Tenaga Kerja Muda serta Implikasinya bagi Kebijakan Pembangunan Pertanian. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 34(1), 35-55.

Tapscott, D. (2009). Grown Up Digital – How the Net Generation Is Changing Your World. In Industrial and Commercial Training 41(2).

Yunandar, D. T., Hariadi, S. S., & Raya, A. B. (2020). Sikap dan pengalaman petani milenial dalam memanfaatkan media sosial untuk mendukung keberhasilan berwirausaha pertanian. In Prosiding Seminar Nasional Polbangtan Yogyakarta Magelang 2020.

Received: 15 Sep 2023; Accepted: 13 Feb 2024; Available Online: 14 Jun 2024;