Article Details

Main Article Content

Fara Shaliza
Henny Sulistyorini

Kegiatan P2L merupakan salah satu upaya meningkatkan ketahanan pangan melalui penyediaan pangan keluarga dengan memanfaatkan pekarangan, lahan kosong, dan lahan tidur yang tidak produktif. Keberlanjutan merupakan aspek penting dalam pelaksanaan kegiatan. Oleh karena itu perlu dievaluasi dampak kegiatan P2L, faktor yang berpengaruh terhadap keberlanjutan kegiatan serta permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dampak kegiatan P2L, faktor penentu keberhasilan kegiatan, dan permasalahan yang dihadapi. Evaluasi dampak kegiatan dilakukan menggunakan model logic. Metode yang digunakan ialah survei, pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dan wawancara mendalam (in-depth interview). Penelitian ini dilaksanakan pada April-Juni 2022. Temuan hasil penelitian antara lain: pertama, kegiatan P2L pada KWT Mekar Mandiri dan Bijeh Ban Keumang berdampak positif terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan. Dampak ekonomi berupa penghematan pengeluaran untuk alokasi belanja sayur-mayur sehingga dana untuk membeli sayur bisa dialokasikan untuk keperluan lain. Dampak sosial yakni adanya perubahan budaya petani di perkotaan yang pada mulanya tidak memiliki kemampuan menanam sayuran menjadi mampu menanam. Dampak lingkungan adalah udara yang lebih yang segar, resapan air lebih banyak, dan pemandangan yang lebih indah. Kedua, faktor penentu keberhasilan kegiatan P2L yaitu adanya perencanaan yang baik, intensitas penyuluhan, kolaborasi dengan modal sosial, dan dukungan faktor eksternal. Permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan P2L antara lain kondisi cuaca kemarau sehingga banyak tanaman yang mati dan sayuran organik dijual dengan harga yang sama dengan sayuran non organik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan P2L memiliki tingkat keberlanjutan tinggi karena berdampak positif dan terdapat tingkat partisipasi yang tinggi dari anggota KWT dan masyarakat. 

Keywords: Evaluasi Model logic P2L

Aminah, S. (2003). Perencanaan Program Penyuluhan Perikanan di Desa Anturan, Buleleng, Bali. Buletin Ekonomi Perikanan, 5(1), 1-20.

Amanah S. (2022). Perencanaan dan Evaluasi Partisipatif Program Penyuluhan/Pemberdayaan (Pengantar). Materi Kuliah S2/S3. IPB University. Bogor. Unpublished.

Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. (2018). Petunjuk Teknis Optimalisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Tahun 2018. 1–74.

Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. (2020). Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Tahun 2020. 1–92.

Bungin, B. (2015). Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Dayat, D., & Anwarudin, O. (2020). Faktor-faktor penentu partisipasi petani dalam penyuluhan pertanian era otonomi daerah di Kabupaten Bogor. Jurnal Agribisnis Terpadu, 13(2), 167-186.

Garini, N. A., Ramadhan, S. H., Aliyyah, I. N., Ramadhan, S., Rafinda, I., & Sukmawati, E. (2023). Evaluasi Program Keluarga Harapan dengan Logic Model di Desa Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Responsive: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humaniora dan Kebijakan Publik, 6(1), 43–63.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2022). Definisi Asumsi.

Konyep, S. (2021). Mempersiapkan Petani Muda dalam Mencapai Kedaulatan Pangan. Jurnal Triton, 12(1), 78-88.

Liani, F., Sulistyowati, D., Anwarudin, O. (2018). Perspektif Gender dalam Partisipasi Petani pada Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Tanaman Sayuran di Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 13(1), 21–32.

Mahrunnisa. (2019). Analisis Efektivitas Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dalam Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Kota Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Mardikanto, T. (2007). Ilmu Penyuluhan Pembangunan sebagai Landasan Percepatan Ekonomi Rakyat untuk Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Potensi Daerah. Surakarta.

Mardikanto, T., & Soebiato, P. (2015). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Mulyani, M., Munir, S., & David, D. (2022). Implementation of the Logic Model in the Evaluation of New Student Admissions Online. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 307–317.

Patadungan, Y. (2019). Analisis Dampak Program Kawasan Rumah Pangan Lestari terhadap Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga pada Kelompok Wanita Tani Mee Distrik Mimika Baru Kabupaten Mimika. Jurnal Kritis, 3(2), 99–121.

Pujiana, T., Rangga, K.K., Syarief, Y.A., & Mutolib, A. (2020). Strategi Pengembangan Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Jurnal Ilmiah Membangun Desa dan Pertanian, 5(3), 79–86.

Putri, A. S. P., Siswoyo, & Azhar. (2020). Pemanfaatan Lahan Pekarangan sebagai Kawasan Rumah Pangan Lestari pada Anggota Kelompok Wanita Tani di Kecamatan Tugumulyo. Jurnal Inovasi Penelitian (JIP), 1(3), 207–216.

Saputri, E.M., Wibowo, A., & Rusdiyana, E. (2021). Dampak Implementasi Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Jurnal Agrica Ekstensia, 15(2), 125–131.

Sukanata, I.K., Budirokhman, D., & Nurmaulana, A. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Lahan Pekarangan dalam Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (Studi Kasus di KWT Dewi Srikandi Desa Cipanas Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon). Jurnal Agrijati, 28(1), 1–16.

Sumardjo. (2010). Penyuluhan Menuju Pengembangan Kapital Manusia dan Kapital Sosial dalam Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat. Bogor.

Syahroni, I. & Amanah, S. (2018). Hubungan Gaya Kepemimpinan Ketua dan Efektivitas Kelompok Wanita Tani TOGA. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 2(4), 441–454.

University of Wisconsin. (2003). Program Action Model Logic.

Usmara. (2006). Motivasi Kerja: Proses, Teori, dan Praktik. (Vol. 1). Yogyakarta: Amara Books.

Received: 12 May 2023; Accepted: 29 Dec 2023; Available Online: 06 Feb 2024;