Article Details

Main Article Content

La Hambui Semahu
Benang Purwanto

Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan mulai dari bulan April sampai dengan bulan Agustus 2016 di tanah aluvial yang merupakan lahan kering milik STPP Manokwari Kelurahan Manokwari Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan dan produksi beberapa varietas kedelai di tanah aluvial, sehingga akan diperoleh varietas yang cocok untuk dikembangkan di lahan tersebut. Varietas unggul kedelai yang digunakan dalam penelitian ini adalah Grobogan, Anjasmoro, Dena I, Detam I, dan kedelai lokal. Variabel yang diamati pada penelitian ini meliputi tinggi tanaman saat panen diukur dari tanah sampai ujung tertinggi, jumlah cabang saat panen dihitung jumlah percabangan dari batang/cabang utama, hasil biji per tanaman, jumlah buku dihitung dari buku pertama ditambahkan dengan jumlah buku sekunder, jumlah polong polong bernas, jumlah polong hampa, umur panen, berat 100 butir, dan berat produksi per hektar. Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa setiap varietas memiliki respon yang berbeda terhadap lingkungan sehingga pertumbuhan dan hasil yang diperoleh juga berbeda. Varietas Dena 1, Anjasmoro dan Grobogan memiliki daya adaptasi yang lebih baik dibandingkan dengan Detam 1 sehingga dapat diperoleh rekomendasi bahwa Varietas Dena 1, Anjasmoro dan Grobogan dapat dikembangkan dengan baik di tanah Alluvial pada lahan kering STPP Manokwari.

Keywords: Daya Adaptasi Varietas Kedelai Tanah Aluvial
Atman.2006. Pengolahan Tanaman Kedelai di Lahan Kering Masam. Jurnal Ilmiah Tambua. 5 (3) : 281 -287.
Budi, H, Firdau M, Wahyu, W. 2013. Syarat Tumbuh Tanaman Kedelai. www.anakagronomy.com. Diakses tanggal 26 Oktober 2016.
Sagala, D., E. Suzanna, Prihanani. 2013. Uji Adaptasi Beberapa Varietas Kedelai. Jurnal Agroqua. Vol. 11 No.1, Juni 2013
Septiatin, A. 2012. Meningkatkan Produksi Kedelai di Lahan Kering, Sawah dan Pasang Surut.
Sumarno, 1999. Strategi pengembangan Produksi Kedelai Nasional mendukung Gema Palagung 2000 dalam N, Sumarlin, D. Pasaribu dan Sunihardi Strategi Pengembangan Produksi Kedelai Prosiding Lokakarya Pengembangan Produksi Kedelai Nasional.
Taufiq, dkk. 2012. Teknologi Produksi Kedelai, Kacang Hijau, Ubi Kayu dan Ubi Jalar. Cetakan ke 5. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Kementerian Pertanian.

Received: 06 Feb 2020; Available Online: 31 Dec 2016;