Article Details
Keputusan Pembelian Petani terhadap Benih East West Seed dalam Mendukung Penyediaan Benih Berkualitas serta Implementasi Green Agriculture di Jawa Barat
Farmers' Purchasing Decisions for East West Seed Seeds in Supporting the Provision of Quality Seeds and the Implementation of Green Agriculture in West Java
Main Article Content
Perspektif agribisnis memandang dalam usaha pertanian hortikultura, benih merupakan komponen input penting yang menentukan produktivitas dan kualitas hasil. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perilaku adopsi petani dalam menerima benih cap panah merah, dan keputusan pembeliannya serta faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian petani. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian adalah survey. Lokasi penelitian dipilih dengan pertimbangan bahwa Kec. Sukaraja merupakan lokasi Pilot Project program Closed Loop dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang berhasil membangun rantai pasok petani dari hulu hingga hilir. Sampel Desa lokasi penelitian adalah Desa Sukamekar, Desa Cisarua, Desa Langensari, dan Desa Margaluyu dengan pertimbangan penghasilan utama masyarakat di desa tersebut dari bertani hortikultura sayuran. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling dengan jumlah 90 responden. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan SEM PLS. Perilaku adopsi petani di Kecamatan Sukaraja dalam menerapkan benih cap panah merah berada pada tahap trial atau tahap percobaan, dimana petani sedang mencoba menggunakan benih cap panah merah dengan skala yang kecil, dan 90% petani menyatakan bersedia membeli dan menggunakan benih sayuran cap panah merah dengan alasan benih cap panah merah berkualitas, mudah didapat di toko pertanian, dan banyak digunakan di kalangan petani. Adapun faktor yang berpengaruh langsung adalah Motivasi, Persepsi, Sikap, Dukungan Keluarga, Dukungan Rekan dan Dukungan Petugas. Sedangkan faktor yang berpengaruh tidak langsung adalah Produk, Promosi dan Harga. Hasil ini dapat digunakan untuk mengembangkan jejaring bagi PT. East West Seed Indonesia dalam melakukan pengaturan harga sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh semua kalangan petani.
Ali, B. J., & Anwar, G. (2021). Marketing Strategy: Pricing strategies and its influence on consumer purchasing decision. International journal of Rural Development, Environment and Health Research, 5(2), 26-39. https://dx.doi.org/10.22161/ijreh.5.2.4
Anggani, G., Anantanyu, S., & Lestari, E. (2024). Hubungan Karakteristik Petani dengan Tingkat Partisipasi Petani pada Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) di Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri. Jurnal Triton, 15(2), 434-445. https://doi.org/10.47687/jt.v15i2.760
Asri, N., Bakri, M., & Firdamayanti, E. (2022). Analisis Faktor Sikap Petani Tidak Menggunakan Benih Padi Bersertifikat di Desa Olang Kecamatan Ponrang Selatan Kabupaten Luwu. Wanatani, 2(1), 27-35. https://doi.org/10.51574/jip.v2i1.68
Badan Pusat Statistik. (2024). Data Potensi Sumber Daya Alam Kab. Sukabum. Sukabumi.
Badri, M. (2020). Adopsi inovasi aplikasi dompet digital di Kota Pekanbaru. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1), 120-127.
Chan, S. R. O. S. (2021). Industri Perbenihan Dan Pembibitan Tanaman Hortikultura Di Indonesia: Kondisiterkini Dan Peluang Bisnis. Jurnal Hortuscoler, 2(1), 26-31. https://doi.org/10.32530/jh.v2i01.390
Cindowarni, O., & Damsir, D. (2023). Respon Pupuk Kalium dan Ukuran Umbi Bibit Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Kentang (Solanum tuberosum): Response of Potassium Fertilizer and Seed Tuber Size on The Growth and Production of Potato (Solanum tuberosum). J-Plantasimbiosa, 5(2), 22-28. Doi:https://doi.org/10.25181/jplantasimbiosa.vXiX.XXXX
Dharma, N. M. P. A., Khoiriyah, N., & Rianti, T. S. M. (2021). Perilaku Konsumen dalam Pembelian Beras Organik di Kota Malang. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 9(3), 1-12. 2339-1111.
Direktorat Jenderal, Hortikultura, and Kementerian Pertanian. (2019). “Strategic Planning Of The Directorate General of Horticulture.” The Indonesian Ministry of Agriculture, 1–70. https://rb.pertanian.go.id/upload/file/RENSTRA KEMENTAN 2020-2024 REVISI 2 (26 Agt 2021).pdf.
FAO. (2025). Regional Technical Platform on Green Agriculture.
FAO. (2020.) The State of Food and Agriculture: Overcoming Water Challenges in Agriculture.
Fink, A. (2003). The Survey Handbook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Gars, J., & Ward, P. S. (2019). Can differences in individual learning explain patterns of technology adoption? Evidence on heterogeneous learning patterns and hybrid rice adoption in Bihar, India. World development, 115, 178-189. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2018.11.014
Hanaysha, J. R., Al Shaikh, M. E., & Alzoubi, H. M. (2021). Importance of marketing mix elements in determining consumer purchase decision in the retail market. International Journal of Service Science, Management, Engineering, and Technology (IJSSMET), 12(6), 56-72. https://doi.org/10.4018/IJSSMET.2021110104
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesiaa. (2021). “Outlook Ekonomi Pertanian 2021: Perkuat Pembangunan Sektor Pertanian.” Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI.
Lotulung, P. V., Mandey, S. L., & Lintong, D. C. A. (2023). Pengaruh persepsi konsumen dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian baju bekas impor pada masyarakat kelurahan karombasan utara lingkungan 8 Kecamatan Wanea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(02), 561-572. https://doi.org/10.35794/emba.v11i02.48635
Mardikanto, T. (2009). Sistem Penyuluhan Pertanian. Lembaga Pe. Surakarta.
Mefo, U. N., Ekine, D. I., Okidim, I. A., & Okuduwor, A. A. (2023). Effects of Improved Vegetable Seeds on Farmers’ Income and Poverty Status in Selected LGAS, Rivers State, Nigeria. International Journal of Agriculture and Earth Science, 9(5), 58-72. https://doi.org/10.56201/ijaes.v9.no5.2023.pg58.72
Mohan, C., Srivastva, D. K., Verma, R., Kumar, V., Singh, V., Chaudhary, S., & Saini, P. N. (2021). Current status, challenges and future prospects of vegetable seed system in India: vegetable seed system in India. Journal of AgriSearch, 8(3), 188-200. https://doi.org/10.21921/jas.v8i03.1662
Mustafid, & Gunawan, A. (2008). Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Kripik Pisang “Kenali” pada PD. Asa Wira Perkasa di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(2), 123-140.
Neuman, W. L. (2013). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Essex: Pearson Education Limited.
Nguyen, N. L., Tran, T. T., & Vo, M. P. (2020). The Effect of Lifestyle, Brand Image and Personalities on Smartphone Purchase Decision of Consumers in Hochiminh City. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(3), 481-492. 2456-2165.
Nin, A., Arndt, C., & Preckel, P. V. (2003). Is agricultural productivity in developing countries really shrinking? New evidence using a modified nonparametric approach. Journal of Development Economics, 71(2), 395-415. https://doi.org/10.1016/S0304-3878(03)00034-8
Nugroho, J. S. (2018). erilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana Prenada Media. Jakarta. 979-3465-18-2.
Nwachukwu, C. S. (2023, May). Green agriculture and food security, a review. In IOP conference series: Earth and environmental science (Vol. 1178, No. 1, p. 012005). IOP Publishing.
Oyekale, K. O., Denton, O. A., & Adebisi, M. A. (2015). Bridging the seed management gaps in the Nigerian seed industry. Journal of Biology and Nature, 3(4), 132-138. 2395-5384.
Pratiwi, A., & Moeis, J. P. (2022). Sustainable Farming: Respons Petani Tanaman Pangan terhadap Kepemilikan Lahan Pertanian. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, 22(1), 4. https://doi.org/10.21002/jepi.2022.04
Rumagit, R. (2020). Scanned with CamScanner. Narratives of Therapists’ Lives, no. July: 231.
Sebayang, V. B., Manalu, D. S. T., Wicaksono, A., Suharno, S., & Sitepu, R. K. K. (2024). Preferensi Petani Dalam Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Sarana Pemasaran. Journal of Integrated Agribusiness, 6(1), 107-115. https://doi.org/10.33019/jia.v6i1.4749
Siahaan, S. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Adopsi Inovasi dan Keputusan Pembelian Benih Unggul pada Petani Padi. Jurnal Agribisnis dan Ekonomi Pertanian, 5(2), 1-10.
Siroshtan, A., Kavunets, V., Derhachov, O., Pykalo, S., & Ilchenko, L. (2021). Yield and sowing qualities of winter bread wheat seeds depending on the preceding crops and sowing dates in the Forest-Steppe of Ukraine. American Journal of Agriculture and Forestry, 9(2), 76-82. https://doi.org/10.11648/j.ajaf.20210902.15
Sugiyono, M. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Cocok untuk 1. Mahasiswa SI, S2, dan S3. 2. Dosen dan peneliti Ed. 3 Cet. 3 Thn. 2020.
Sumarno, S. (2010). Green Agriculture Dan Green Food Sebagai Strategi Branding Dalam Usaha Pertanian. In Forum Penelitian Agro Ekonomi (Vol. 28, No. 2, pp. 81-90). Indonesian Center for Agricultural Socioeconomic and Policy Studies. https://doi.org/10.21082/fae.v28n2.2010.81-90
Umah, H., Sholeh, M. S., & Nazizah, F. (2022). Pengambilan Keputusan Petani Dalam Pemilihan Benih Padi Bersertifikat di Desa Bukek Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. In Seminar Nasional Sumber Daya Lokal (SEMNASDAL) (Vol. 3, No. 1, pp. 37-42).
Vecchio, Y., Agnusdei, G. P., Miglietta, P. P., & Capitanio, F. (2020). Adoption of precision farming tools: The case of Italian farmers. International journal of environmental research and public health, 17(3), 869. https://doi.org/10.3390/ijerph17030869
Wahyuni, A.N., & Pramono, N.H. (2021). Pengaruh Faktor Demografi dan Faktor Psikologi Investor Dalam Pengambilan Keputusan Investasi di Era Ekonomi Digital. Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.32493/JABI.V4I1.Y2021.P73-91
Wibawa, W. (2022). Preferensi Konsumen Menentukan Tingkat Adopsi Petani Terhadap Varietas Padi di Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Pembangunan Nagari, 6(2), 153-162. https://doi.org/10.30559/jpn.v7i2.328
Wulandari, A. S., Kurniati, D., & Maswandi, M. (2024). The Influence Of Attitude On Farmers' Decision-Making Process In Using Certified Quality Seeds In Hilly Areas. Jurnal Agrisep, 23(02). https://doi.org/10.31186/jagrisep.23.02.501-528
Yamin, S. (2023). Olah data Statistik Smartpls 3 Smartpls 4 Amos & Stata (Mudah & Praktis) Edisi Iii. Dewangga Energi Internasional Publishing.
Zossou, E., Arouna, A., Diagne, A., & Agboh-Noameshie, R. A. (2017). Gender gap in acquisition and practice of agricultural knowledge: case study of rice farming in West Africa. Experimental Agriculture, 53(4), 566-577. https://doi.org/10.1017/S0014479716000582
Received: 30 Jan 2025; Accepted: 09 Jul 2025; Available Online: 10 Oct 2025;
