Article Details
Tahapan Adopsi Inovasi Layanan Sibadra bagi Generasi Digital di Kota Bogor
Stages of Adoption of Sibadra Service Innovation for the Digital Generation in Bogor City
Main Article Content
Pembangunan berkelanjutan merupakan kunci perubahan tatanan kehidupan dan pemberdayaan masyarakat yang dapat dilihat melalui tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Inovasi dari hasil SDGs di Kota Bogor diberi nama aplikasi SiBadra sebagai bentuk layanan pengaduan digital. SiBadra, sebuah sistem informasi penyampaian keluhan dan saran, dirancang untuk memfasilitasi komunikasi antara masyarakat dan pemerintah. Meskipun aplikasi ini bertujuan untuk mendukung SDGs dengan menyediakan platform pengaduan online, namun masih terdapat tantangan yang signifikan, seperti rendahnya kesadaran dan partisipasi masyarakat, serta kurangnya evaluasi dampak. Penelitian ini mengkaji adopsi inovasi layanan SiBadra dengan fokus pada perbedaan karakteristik generasi digital natives dan digital immigrant serta peran media komunikasi dalam penyebaran inovasi. Metodologi yang digunakan meliputi analisis pengaruh karakteristik generasi, karakteristik inovasi, dan media komunikasi terhadap adopsi SiBadra di Kota Bogor. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan statistik deskriptif dan juga menggunakan SEM-PLS untuk mengkaji dan menjelaskan data yang bersumber dari variabel yang kompleks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik inovasi seperti kompatibilitas dan kompleksitas, serta media komunikasi khususnya media elektronik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap adopsi layanan SiBadra. Penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman tentang bagaimana karakteristik media dan inovasi mempengaruhi penerimaan teknologi baru di berbagai kelompok generasi, serta memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan adopsi inovasi di era digital.
Akçayır, M., Dündar, H., & Akçayır, G. (2016). What makes you a digital native? Is it enough to be born after 1980?. Computers in human behavior, 60, 435-440. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.02.089
Badri, M. (2022). Komunikasi inovasi dalam adaptasi kebiasaan baru: studi deskriptif pada pelaku usaha di Provinsi Riau. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(01), 1-13. https://doi.org/10.46937/20202238001
Cangara, H. (2017). Perencanaan dan strategi komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 33.
Cangara, H. (2020). Komunikasi Pembangunan. Telaah Untuk Memahami Konsep, Filosopi, Serta Peran Komunikasi Terhadap Pembangunan, Dan Pem-bangunan Komunikasi Dalam Digital. Raja Grafindo Persada.
Chairunnisa, C., & Sasmita, S. (2022). Difusi Inovasi dalam Program Sekolah Keluarga: Pengalaman dari Kota Bukittinggi. Spirit Publik: Jurnal Administrasi Publik, 17(2), 118-129. https://doi.org/10.20961/sp.v17i2.64641
David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh konten vlog dalam youtube terhadap pembentukan sikap mahasiswa ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik universitas sam ratulangi. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).
Hakim, L., Hayat, M. A., Khuzaini, K., Susanto, D., & Mardiana, M. (2023). Pengaruh Karakteristik Inovasi, Saluran Komunikasi dan Sistem Sosial dalam Difusi Inovasi terhadap Minat Masyarakat dalam Program Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Banjarbaru Selatan (Studi Kasus Vaksin Satu sampai dengan Booster di Puskesmas Sungai Besar Banjarbaru Selatan). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(1), 592-608. http://dx.doi.org/10.35931/aq.v17i1.1909
Hawari, A., Suwaryo, U., & Kartini, D. S. (2023). Implementation Of Change Management In Public Services Innovation In Bogor City. Journal of Governance Innovation, 5(2), 271-289. https://doi.org/10.36636/jogiv.v5i2.2821
Jamu, M. E. (2018). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa (Studi kasus pada mahasiswa manajemen Universitas Flores). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(3), 305-317. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i3.38
Juned, M., Kusumastuti, R. D., & Darmastuti, S. (2018). Penguatan peran pemuda dalam pencapaian tujuan ketiga sustainable development goals (SDGs) di karang taruna Keluarahan Serua, Bojongsari, Depok. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Leeuwis, C., & Sumarah, B. E. (2009). Komunikasi untuk inovasi pedesaan: berpikir kembali tentang penyuluhan pertanian. Kanisius.
Mardina, R. (2011). Potensi digital natives dalam representasi literasi informasi multimedia berbasis web di perguruan tinggi. Jurnal Pustakawan Indonesia, 11(1).
Muhana, R. A., & Manar, D. G. (2022). Analisis Inovasi Kebijakan Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran (SIBADRA) Kota Bogor untuk Penguatan Demokrasi dan Partisipasi Publik. Journal of Politic and Government Studies, 11(4), 78-92.
Prensky, M. (2009). H. sapiens digital: From digital immigrants and digital natives to digital wisdom. Innovate: journal of online education, 5(3).
Rahmat, H. K. (2019). Mobile learning berbasis appypie sebagai inovasi media pendidikan untuk digital natives dalam perspektif islam. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v16i1.999
Rahmawati, D., Lumakto, G., & Kesa, D. D. (2020). Generasi digital natives dalam praktik konsumsi berita di lingkungan digital. Communications, 2(2), 74-98. https://doi.org/10.21009/Communications.2.2.5
Rakhman, R. T., Piliang, Y. A., Ahmad, H. A., & Gunawan, I. (2019, September). Eksperimen Media Analog pada Generasi Digital Native sebagai Respon Industri Kreatif. In Seminar Nasional Seni dan Desain 2019 (pp. 367-371). State University of Surabaya.
Rastati, R. (2018). Media literasi bagi digital natives: perspektif generasi Z di Jakarta. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 60-73. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p60-73
Rogers, E. (2003). Diffusion of Innovations 5th. New York (USA): The Free Press.
Rusmana, D. S. A., & Danadharta, I. (2022). Difusi inovasi aplikasi Clubhouse pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip UNTAG Surabaya. Jurnal Nomosleca, 8(1), 123–131.
Sumardjo. (2019). Komunikasi Inovasi. Banten: Universitas Terbuka.
Teguh, M. (2015). Difusi inovasi dalam program pembelajaran jarak jauh di Yayasan Trampil Indonesia. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.2.71-78
Triadi, T. (2021). Jaringan Komunikasi Difusi Inovasi Bibit Kakao Masamba Cacao Clone (Mcc) 02 Di Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara (Doctoral dissertation, IPB University).
Received: 01 Nov 2024; Accepted: 17 Jun 2025; Available Online: 10 Oct 2025;
