Article Details

Main Article Content

Latarus Fangohoi
Sugiyanto

Sistem penyuluhan pembangunan berbasis cyber extension yang efektif merupakan prasyarat bagi perubahan pola berfikir, pola sikap dan bertindah bagi semua pihak terhadap pentingnya mengembangkan agribisnis sebagai sumber usaha pertanian yang efektif. Penyuluhan berbasis cyber extension merupakan proses penyadaran, pembelajaran dan bertindak dalam rangka pencegahan dini terhadap mereka yang memanfaatkan internet untuk kegiatan usahanya secara efektif dan efisien. Proses penyuluhan pembangunan terhadap manfaat, fungsi dan peran cyber extension serta kemungkinan pengembangan dalam kegiatan agribisnis merupakan kebutuhan pembelajaran berbasis cyber extension. Program pemberdayaan masyarakat melalui pemberdayaan berbasis cyber ekstension dengan memperhatikan faktor lingkungan yang dikelola secara mandiri oleh petani yang berlangsung Papua Barat, termasuk di Kabupaten Manokwari, namun dalam implementasinya ditemukan beberapa kelemahan dan kelebihannya. Studi ini ingin menemukan model penyuluhan pembangunan berbasis penarapan cyber extension pada
masyarakat agribisnis di Papua Barat

Keywords: Penyuluh Agribisnis Cyber Extension
Fardi, I. 2014. Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Bidang Pertanian. . diakses tanggal 22 Desember 2014.
Sadono D. 2012. Model Pemberdayaan Petani dalam Pengelolaan Usahatani Padi di Kabupaten Karawang dan Cianjur, Provinsi Jawa Barat [disertasi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor
Anonim 1998. Kebijaksanaan dan Strategi Nasional Pengelolaan Lingkungan Hidup. Dalam Pembangunan Jangka Panjang Kedua (1994/1995 – 2019/2020). Kantor Menteri Lingkungan Hidup.
--------- 2007. Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Penyuluhan Yang Dikelola Oleh Petani (Farmers Managed Extension Activities – FMA). BPSDMP. Jakarta.
--------- (2007). Agenda 21 Indonesia. Strategi Nasional Untuk Pembangunan Berkelanjutan. Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup.
Adi, Isbandi Rukminto. 2003. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas (Pengantar pada Pemikiran dan Pendekatan Praktis) Edisi Revisi. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Copelad, O.L., (2001). Watershed Management and Reservoir Life. Journal Ameri-can Water Works Association. Vol 53 No. 5, USA.
Davis, Keith dan John W. Newstrom. 1989. Human Behavior at Work Organizational Behavior (Eighth Edition). Mc Graw Hill Book Company. New York.
Doyal, Len., and Ian Gough. 1991. A Theory of Human Needs. Macmilan Education Ltd. London.
Drucker, Peter, 1997, Organisasi Masa Depan, (Alih Bahasa Achmad Kemal)

Received: 06 Feb 2020; Available Online: 31 Dec 2016;