Article Details
Analisis Tingkat Kepuasan Petani Padi Sawah terhadap Kinerja Pelayanan Penyuluh Pertanian Lapang (PPL) di Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri
Analysis of Rice Farmers' Level of Satisfaction with the Performance of Field Agricultural Extension Services (PPL) in Purwantoro District, Wonogiri Regency
Main Article Content
Penyuluhan pertanian dapat dikatakan sebagai bentuk layanan pendidikan nonformal yang diperoleh petani yang difasilitasi oleh penyuluh pertanian lapang. Penyuluhan pertanian adalah suatu proses penyampaian informasi untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap petani sehingga dapat mengelola usahataninya secara lebih efektif dan efisien. Kinerja pelayanan penyuluh pertanian dapat diukur melalui tingkat kepuasan petani dalam memperoleh pelayanan dari penyuluh pertanian. Kepuasan petani adalah perasaan yang diperoleh petani ketika mereka mengalami layanan yang memenuhi atau melampaui harapan mereka dari penyuluh pertanian sebagai hasil dari kualitas layanan yang baik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan petani padi sawah terhadap kinerja pelayanan penyuluh serta hubungan antara karakteristik petani (umur, pendidikan formal, pengalaman usahatani, luas lahan dan tingkat kosmopolitan) dengan tingkat kepuasan kinerja pelayanan penyuluh. Penelitian ini menggunakan sampel 93 petani padi sawah di Kecamatan Purwantoro melalui survei secara acak. Taraf kepuasan petani mengenai pelayanan penyuluh diukur dengan analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan korelasi karakteristik petani dengan tingkat kepuasan pelayanan menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menggunakan analisis Customer Satisfaction Index (CSI) mengindikasikan petani padi sawah puas terhadap pelayanan penyuluh pertanian. Hasil uji Rank Spearman menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara karakteristik petani (umur, pendidikan formal, pengalaman usahatani, luas lahan, dan tingkat kosmopolitan) dengan kepuasan petani padi sawah terhadap kinerja pelayanan penyuluh pertanian.
Arifin, Z., Ariantini, M. S., Sudipa, I. G. I., Chaniago, R., Dwipayana, A. D., Adhicandra, I., ... & Alfiah, T. (2023). GREEN TECHNOLOGY: Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Darmawati, D., & Ningrum, P. P. A. (2022). Kepuasan petani terhadap pelayanan penyuluh pertanian dalam aktivitas penyuluhan pertanian di Kabupaten Banyuasin (Studi Kasus: Kelompok Tani di Kecamatan Makarti Jaya). Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 9(2), 55-63.
Djafri, N., & Rahmat, A. (2017). Buku Ajar Manajemen Mutu Terpadu Yogyakarta.
Heryadi, D. Y., Sufyadi, D., & Bilqisthi, M. L. (2021). Karakteristik Pemuda Dan Minat Bekerja Sebagai Petani Padi Sawah. Buku Prosiding, 7.
Irvani, A., Arif, M., & Rahmi, H. (2021). Kepuasan Pengguna Wika Solar Water Heater Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index Pada CV Vania Jaya Plumbing. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 16(2), 130-139.
Hidayat. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Petani Padi terhadap Kinerja Penyuluh Pertanian di Kelurahan Lembang Parang Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makasar. Unpublished.
Kassem, H. S., Alotaibi, B. A., Muddassir, M., & Herab, A. (2021). Factors influencing farmers’ satisfaction with the quality of agricultural extension services. Evaluation and Program Planning, 85, 101912.
Kurniasari, D. L., Edi, D. C., & Yayuk, Y. (2018). Kearifan Lokal Petani Tradisional Samin di Desa Klopoduwur, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora. Jurnal Habitat, 29(1), 33-37.
Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik: Perilaku Aparatur dan Komunikasi
Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Penerbit Media Sahabat
Cendekia. Surabaya.
Ovharhe, O. J., Emaziye, P., & Okwuokenye, G. F. (2020). Farmers’ satisfaction with agricultural extension services in Delta State, Nigeria. International Journal of Agricultural Technology, 16(6), 1463-1474.
Peraturan Perundang-undangan Nomor 19 Tahun 2013 Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.
Prasetyo, E., Titik, & E., Mukson. (2021). Analisis Pendapatan dan Profitabilitas Usahatani Kedelai Varietas Grobogan di Kabupaten Grobogan. Prosiding Konverensi Nasional PERHEPI XIX Tahun 2021. Fak. Pertanian dan Peternakan, Universitas Diponegoro.
Rejeki, S. (2019). Pilihan Rasional Petani Miskin pada Musim Paceklik. Jurnal Analisa Sosiologi, 8(2).
Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(2).
Rusnoto, R., Purnomo, M., & Utomo, T. P. (2019). Hubungan Komunikasi Dan Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(2), 343-349.
Saputra, I., Rela, I.Z., & Buana, T. (2024). Analisis Mutu Pelayanan Penyuluhan Pertaniandan Kepuasan Petani Padi Sawah dalam Kegiatan Penyuluhan Pertanian di Kelurahan Baruga Kecamatan Baruga Kota Kediri. Jurnal Ilmiah Penyuluhan dan Pembangunan Masyarakat, 4(2), 142-155.
Setyadi, A., Hapzi, A., & Tukhas, S. I. (2017). Building Brand Image: Ananlysis of Service Quality and Customer Satisfaction. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(8),770-777.
Sulistiani, H. (2021). Sistem Penilaian Kepuasan Pelanggan Menggunakan Customer Satisfaction Index Pada Penjualan Parfume (Studi Kasus: Parfume Corner BDL). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(4), 29-36.
Syifa, S. H., Wijiano, A., & Ihsaniyati, H. (2020). Partisipasi petani dalam program demonstrasi area budidaya tanaman sehat padi di Kabupaten Boyolali. Agrica Ekstensia, 14(2), 156-164.
Utari, W., Eliza, E., & Yulida, R. (2022). Analisis tingkat kepuasan dan tingkat harapan petani padi terhadap atribut tauke dalam pemasaran padi di nagari sungai rimbang. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomika Bisnis, 25(01), 8-19.
Wibowo, I. F., & Muljono, P. (2021). Hubungan Karakteristik Individu dan Faktor Lingkungan dengan Tingkat Penggunaan Media Internet. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(3), 418-432.
Wibowo, H. T., & Daryatmo, J. (2023). Correlation of Farmers Characteristics to Motivation in Sheep Farming at Ngudi Makmur II and Tirto Kencono Farmers Groups Banyudono Village Dukun District. Jurnal Penyuluhan Pertanian, 18(1), 31-38.
Yifei, X. (2017). Analysis on the Farmers’ Satisfaction and Influencing Factors of Agricultural Extension Service Based on the Survey Data of Eighth Division of China. Innovation And Management.
Zainal, A. G. (2019). Persepsi petani terhadap strategi komunikasi penyuluh dalam pemanfaatan media informasi di era digital. Jurnal komunikasi pembangunan, 17(2), 216-226.
Received: 03 Jun 2024; Accepted: 27 Dec 2024; Available Online: 24 Jan 2025;