HUBUNGAN ANTARA RESPONS PETANI DENGAN UPAYA PENGENDALIAN PENYAKIT BLAS (Pyricularia oryzae)


Abstract viewed : 76 times,     PDF downloaded : 90 times

  • Fitria Isnayanti Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Siti Astuti Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Sukadi Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
Keywords: Respons, Petani, Penyakit Blas, Upaya Pengendalian, Pemupukan

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara respons petani dengan upaya pengendalian penyakit blas (Pyricularia oryzae). Kajian dilaksanakan pada bulan Februari – Juli 2019 di Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Kajian bersifat deskriptif dengan teknik survei dan pengambilan sampel secara propotional random sampling pada petani yang pernah mengikuti kegiatan SL-PHT. Analisis data menggunakan korelasi Rank Spearman. Hasil kajian menunjukkan bahwa respons petani pada komponen kognitif, afektif, dan konatif semua termasuk kategori tinggi, sedangkan upaya pengendalian termasuk kategori sedang. Hasil uji korelasi Rank Spearman untuk respons kognitif, afektif, dan konatif masing-masing sebesar 0,387, 0,333, dan 0,447 signifikan pada taraf kepercayaan 0,05 dan 0,01. Artinya bahwa petani sangat respons dengan upaya pengendalian penyakit blas tetapi belum maksimal dalam penerapannya. Upaya yang dilakukan agar penerapan blas pengendalian dilakukan secara optimal adalah dengan pemberdayaan petani dalam pencegahan munculnya penyakit salah satunya dengan pemupukan sesuai rekomendasi.

References

Azwar, Saifuddin. 2015. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
BBPP Litbang. 2015. Penyakit Blas pada Tanaman Padi dan Cara Pengendaliannya. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian. Jawa Barat.
Mar’at. 1984. Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Rakmat, Jalaluddin. 1999. Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. PT. Remaja Rusdakarya. Bandung.
Saeko, Sulistiyo Akbar. 2011. Respons Petani Padi (Oryza sativa) dalamPenggunaan Pupuk Petragonik di Kecamatan Blora Kabupaten Bolra. Skripsi. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen, Teori, dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Supadi. 2009. Dampak Impor Kedelai Berkelanjutan terhadap Ketahanan Pangan. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. UPT BP4 Wilayah VIII. 2014-2018. Programa Penyuluhan Pertanian UPT BP4 Wilayah VIII Tahun 2014. Sleman.
Published
2019-06-30