Article Details

Main Article Content

Barba Nelfi Hebby Sopacua
Michel Koibur

Tanaman cabai merupakan salah satu komoditas hortikultura yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia, karena memiliki harga jual yang tinggi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan. Salah satunya berfungsi dalam mengendalikan kanker karena mengandung lasparaginase dan capcaicin. Hal yang harus diperhatikan dalam budidaya tanaman cabai adalah pembibitan yang baik. Dari hasil pembibitan tanaman yang baik, maka akan diperoleh produksi tanaman cabai yang baik pula. Salah satu upaya penting itu adalah pemupukan tanaman secara organik. Pemupukan secara organik akan memberikan hasil produksi yang sehat dan aman dikonsumsi, serta tidak menimbulkan pencemaran terhadap tanah maupun tanaman pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh jenis bokashi dan perbandingan media tanam terhadap pertumbuhan tanaman cabai. Rancangan yang digunakan adalah RAKL (Rancangan Acak Lengkap Kelompok) dengan 3 kali ulangan. Total satuan percobaan adalah 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bokashi rumput dapat meningkatkan pertambahan tinggi tanaman dan jumlah daun tanaman cabai. Sedangkan perbandingan media tanam 2 : 2 memberikan hasil yang terbaik. Tidak terjadi interaksi antara jenis bokashi dan perbandingan media tanam pada hasil penelitian ini. Diharapkan ada penelitian lanjutan tentang pertumbuhan dan hasil tanaman cabai yang lebih baik.

Keywords: Bokashi Bibit Cabai
Anonim. 1992. Petunjuk Praktis Bertanam Sayuran. Kanisius. Yogyakarta.
Anonim. 2007. Cabai Merah. http://id.wikipedia.org/wiki/Cabai. Diakses pada tanggal 03 Mei 2010.
------------ 2009. Menanan Budidaya Cabai Merah http://rivafauziah.wordpress. com/2009/02/02/menanam-budidaya-cabai-merah/. Diakses pada tanggal 12 September 2016.
------------ 2009. Urin Kelinci Baik untuk Pupuk Cair. http://www.inofarm.com/index.php/artikel/50-urin-kelinci-baikuntukpupuk-cair. Diakses pada tanggal 12 September 2016.
-------------2010. Budidaya Cabai Hibrida. http://www.tanindo.com/budidaya/ cabe/cabehibrida.htm. Diakses pada tanggal 12 September 2016 .
-------------2007. Jenis Tanah. http://www.nunukankab.go.id/print.php?id=84. Diakses pada tanggal 12 September 2016.
Cahyono, B. 2003. Teknik dan Strategi Budi Daya Sawi Hijau (Pai-Tsai). Yayasan Pustaka Nusantara. Yogyakarta.
Djarwaningsih, T. 1984. Jenis- jenis Cabai di Indonesia, dalam Penelitian Peningkatan Pendayagunaan Sumber Daya Alam, hlm 232-235.
Harpenas, Asep & R. Dermawan. 2010. Budidaya Cabai Unggul. Penebar Swadaya. Jakarta.
Hewindati, Yuni Tri dkk. 2006. Hortikultura. Universitas Terbuka. Jakarta.
Rismunandar. 1983. Bertanam Sayur – sayuran. Terate. Bandung.
Sunaryono, H., dan Rismunandar. 1984. Kunci Bercocok Tanam Sayur-sayuran Penting Di Indonesia. CV. Sinar Baru. Bandung.
Tjahjadi, Nur. 1991. Bertanam Cabai. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Received: 15 Feb 2020; Available Online: 30 Jun 2017;