Article Details
Penerapan Model Pembelajaran Gagné dalam Pengemasan Produk Hortikultura pada KWT Sriwijaya, Kota Bogor
Implementation of Gagné Learning Model in Horticultural Product Packaging at KWT Sriwijaya, Bogor City
Main Article Content
Seiring dengan meningkatnya taraf hidup dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pemenuhan gizi yang seimbang, permintaan produk hortikultura juga mengalami peningkatan. Saat ini, konsumen tidak hanya menilai produk hortikultura berdasarkan rasa, tetapi juga dari penampilan fisik seperti keseragaman ukuran, warna, bentuk, serta kualitas permukaan produk. Konsumen menginginkan produk hortikultura yang bermutu tinggi dan aman untuk dikonsumsi Kendala yang tejadi, praktik penanganan pascapanen, khususnya dalam aspek pengemasan belum optimal di tingkat petani, sehingga diperlukan pemberdayaan yang lebih intensif terkait hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis proses pembelajaran pengemasan produk hortikultura di Kelompok Wanita Tani (KWT) Sriwijaya, Kota Bogor dengan menggunakan model pembelajaran Gagne. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, diskusi kelompok dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan dan pendampingan yang diterapkan melalui pembelajaran di KWT Sriwijaya telah sesuai dengan model Nine Instructional Events Gagné. Hasil belajar menunjukkan peningkatan yang signifikan pada pengetahuan, sikap, dan keterampilan petani dalam pengemasan produk hortikultura. Pembelajaran yang diberikan penyuluh terbukti berhasil dan memiliki dampak positif dalam meningkatkan daya saing produk di pasar. Oleh karena itu, disarankan agar kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap proses pembelajaran dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa semua tahapan dari model Gagné dapat terus diterapkan dengan baik dan berkelanjutan.
Abidin, A. (2022). Penerapan teori belajar behaviorisme dalam pembelajaran (studi pada anak). An-Nisa, 15(1), 1-8.
Azizan, U. H., Yatim, M. H. M., Ibharim, L. F., & Zain, N. Z. M. (2019). Analysis of game elements in digital educational game according to Gagne nine events of instruction. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(7), 131-135.
Bryan, E., & Garner, E. (2022). Understanding the pathways to women’s empowerment in Northern Ghana and the relationship with small-scale irrigation. Agriculture and Human Values, 39(3), 905-920.
Budiningsih, C. A. (2005). Belajar dan Pembelajaran. cet. ke-1. PT Rineka Cipta. Jakarta.
Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran (YS Hayati. Penerbit Erlangga.
Daniel, F. (2017). kemampuan berpikir kritis siswa pada implementasi Project Based Learning (PJBL) berpendekatan saintifik. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 7-13.
Gagne, R. M. (1970). The Conditions of Learning. Holt, Rinehart and Winston.
Gagne, R. M. (1977). The Conditions of Learning. Holt, Rinehart and Winston.
Hilda, L. & Arafah, G. (2021). Peningkatan kreativitas belajar ipa dengan penerapan projecr based learnig. Forum Paedagogik, 12(2), 190-200.
Kitinoja, L., Saran, S., Roy, S. K., & Kader, A. A. (2011). Postharvest technology for developing countries: challenges and opportunities in research, outreach and advocacy. Journal of the Science of Food and Agriculture, 91(4), 597-603.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Penerbit Prenhalindo. Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management, 14th, Person Education.
Kumar, K. N. R., Mishra, S. N., Shafiwu, A. B., Gajanan, S. N., Babu, S. C., & Neelima, A. S. (2023). Production technology adoption and electronic market participation intensity of chilli (dry) farmers in India: Application of triple-hurdle model. In Cogent Economics & Finance, 11(1).
Miner, A., Mallow, J., Theeke, L., & Barnes, E. (2015). Using Gagne’s 9 events of instruction to enhance student performance and course evaluations in undergraduate nursing course. Nurse educator, 40(3), 152-154.
Obayelu, O., Dairo, M., & Ojo, A. (2019). Post-harvest loss effects on income inequality along the orange supply chain in oyo state, nigeria. Tropical Agricultural Research and Extension, 22(3-4), 37.
Odoom, E. S., Afful, R., Mensah, A., Nukpezah, D., Shaibu, M. T., & Sibanda, D. (2023). Adoption of Climate Smart Agricultural Technologies among Smallholder Farmers in Semi-Arid Ghana. In Journal of Sustainable Development, 16(3), 89.
Putrayasa, I. B. (2013). Landasan Pembelajaran. Undiksha Press.
Rahmah, N. W., & Aly, H. N. (2023). Penerapan Teori Behaviorisme dalam Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 89-100.
Safirin, M. T., Samanhudi, D., & Aryanny, E. (2023). Pemanfaatan teknologi packaging untuk meningkatkan kualitas dan keamanan produk pangan lokal. Jurnal Abdimas Peradaban, 4(1), 31-41.
Sarfraz, A. (2011). Improving Cognitive Development in Secondary Chemistry through Gagne’s Events Of Instruction. Journal of Education and Practice, 2(4).
Ullah, H., Rehman, A. U., & Bibi, S. (2015). Gagne's 9 events of instruction-a time tested way to improve teaching. Pakistan Armed Forces Medical Journal, (4), 535.
Umar, F. (2022). Peningkatan Nilai Produk melalui Pelatihan Desain Kemasan pada UMKM Keripik Maming di Lembang Marinding Kecamatan Mangkendek Kabupaten Tana Toraja. Ilmu Komputer untuk Masyarakat, 3(1), 34-39.
Vygotsky. L.S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Zhu, P., & St. Amant, K. (2010). An application of Robert Gagne's nine events of instruction to the teaching of website localization. Journal of technical writing and communication, 40(3), 337-362.
Received: 20 Oct 2024; Accepted: 10 Feb 2025; Available Online: 12 Mar 2025;