Strategi Pemasaran Online Produk Olahan Pangan

Studi Kasus Pada Beberapa Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kelurahan Sendangtirto, Kapanewon Berbah, Kabupaten Sleman


Abstract viewed : 33 times,     PDF downloaded : 29 times

  • Maria Krisna Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Miftakhul Arifin Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Endah Puspitojati Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
Keywords: Analisis SWOT, Strategi pemasaran online, Produk olahan pangan

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran online produk olahan pangan yang mengalami penurunan penjualan secara offline selama masa pandemi. Kajian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2020 sampai Juni 2021 yang berlokasi di Kelurahan Sendangtirto Kapanewon Berbah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method concurrent triangulation strategy dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, kuesioner serta analisis data menggunakan analisis deskriptif SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity and Treath). Penentuan responden dilakukan dengan sampel jenuh bersyarat. Analisis strategi pemasaran online produk olahan pangan diperoleh faktor-faktor internal dan eksternal yang kemudian dibobotkan menggunakan metode paired comparison scale. Hasil analisis matriks internal eksternal, berada pada kuadran I, yaitu Strategi Pertumbuhan dan hasil analisis matrik SWOT didapatkan sembilan alternatif strategi. Strategi yang diprioritaskan,yaitu dengan meningkatkan kegiatan pemasaran secara online melalui media sosial dan marketplace memanfaatkan perkembangan teknologi dan jaringan internet yang lancar, diharapkan produk olahan pangan milik KWT di Kelurahan Sendangtirto dapat dijangkau oleh semua kalangan baik yang ada di daerah Yogyakarta maupun yang berada di luar kota, sehingga dapat memperluas pangsa pasar. Hal inilah yang menjadi prioritas penting dalam strategi pemasaran online produk olahan pangan pada beberapa KWT di Kelurahan Sendangtirto. Kegiatan penyuluhan tentang Pemasaran secara online melalui marketplace Shopee dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi dan praktik meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan sebesar 17%.

References

Pearce, A., John, II, & Richard, B.R. (2014). Manajemen strategi. Jakarta. Salemba Empat.

Aaker, D. (2001). Marketing Research, Seventh Edition. USA: John Wiley & Sons, Ind.

Yusuf, A.M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.

Badan Pusat Statistik Sleman. (2020). Kabupaten Sleman dalam Angka 2020. Sleman. Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Berbah. (2020). Kapanewon Berbah dalam Angka 2020. Berbah. Badan Pusat Statistik.

Boone, L.E. & Kurtz, D.L. (2005). Pengantar Bisnis Kontemporer. Terjemahan Anwar Fadriansyah. Jakarta. Erlangga.

Departemen Pertanian. (2016). Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 67/Permentan/Sm.050/12/2016 Tentang Pembinaan Kelembagaan Petani. Bab 1 Pembinaan Kelembagaan Petani.

David, F.R. (2016). Manajemen Strategik, Alih Bahasa Alexander Sindoro, Jakarta. Prehallindo.

David, F.R. & David, F.R. (2016). Manajemen Strategik: Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing - Konsep Edisi 15. Jakarta. Salemba Empat.

Hermanto. (2007). Rancangan Kelembagaan Tani dalam Implementasi Prima Tani di Sumatera Selatan. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian, 5(2), 110–125.

Ibrizhun, A. (2019). Strategi Pemasaran Produk Olahan Pisang Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kelurahan Sidomulyo Kapanewon Bambanglipuro Kabupaten Bantul DIY. Yogyakarta. Politeknik Pembangunan Pertanian.

Kotler, P. & Gary, A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kedua Belas. Jakarta. Indeks.

Lakutomo, G. S. (2014). Analisis Pemasaran Terhadap Bisnis Online (ecommerce) dalam jaringan sosial internet’, Analisis Pemasaran Terhadap Bisnis Online (Ecommerce) Dalam Jaringan Sosial Internet. Penerbit ?? Tempat ?

Matondang, Z. (2009). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED.6 (1), 87-97.

Nofita, L. (2019). Strategi Pemasaran Produk Jahe Instan Melalui Digital Marketing Mix.Yogyakarta. Politeknik Pembangunan Pertanian.

Periamsyah, S. & Azhar, S. (2018). “Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahaan Marketplace Mobile Shopee di Indonesia”. Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, h. 565

Rahayu, P.S. (2015). Esensi Manajemen Strategi. Sidoarjo. Zifatama Publisher.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

________. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Rangkuti, F. (2013). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedakan Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta. PT Gramedia.

Ratag, J. P. D., Kapantow, G. H. M. & Pakasi, C. B. D. (2016). Peranan Sektor Pertanian Terhadap Perekonomian di Kabupaten Minahasa Selatan, Agri-Sosioekonomi. doi: 10.35791/agrsosek.12.2a.2016.12878.

Saparinto, C. & Hidayati. (2010). Bahan Tambahan Pangan. Yogyakarta. Kanisius.

Zubaedi. (2007). Wacana Pembangun Alternatif: Ragam Prespektif Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta. Ar Ruzz Media.

Published
2021-12-31