Article Details

Main Article Content

Gusti Ayu Oka Citrawati
Sejati Pratama

Bakso merupakan makanan favorit masyarakat indonesia yang terbuat dari daging sapi. Bahan pembuatan bakso terdiri dari 60% daging sapi sebagai bahan baku dan 40% campuran bahan dan bumbu lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis data organoleptik bakso dan campurannya dari berbagai pendekatan stastik. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji eksperimen dan uji hedonik sebanyak 15 orang panelis. Uji tersebut diukur menggunakan pendekatan statistik (Uji Kruskal Wallis dan Uji Friedman) dengan parameter yang diuji yaitu warna, rasa, aroma, tekstur, dan daya terima secara keseluruhan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa uji Friedman memberikan pengaruh yang nyata terhadap warna dan rasa bakso (P<0,05), tetapi tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap aroma dan tekstur bakso. Melalui pendekatan statistik uji Kruskal Wallis, Rancangan Acak Lengkap (RAL), dan Acak Kelompok (RAK) terhadap tingkat kesukaan warna, rasa, aroma dan tekstur bakso perlakuan I dan perlakuan II memberikan pengaruh yang tidak nyata. Kesimpulan dari penelitian bahwa warna, rasa, aroma dan tekstur bakso pada perlakuan I lebih disukai panelis daripada bakso perlakuan II. Melalui uji Friedman berpengaruh nyata terhadap warna dan rasa bakso (P<0,05). Sedangkan uji Kruskal Wallis, Uji Rancangan Acak Lengkap dan Acak Kelompok tidak berpengaruh nyata terhadap tingkat kesukaan warna, rasa, aroma dan tekstur bakso.

Keywords: Bakso Pendekatan statistik Uji eksperimen Uji hedonik

Amrullah. (2017). Penambahan Tepung Sagu Dengan Level Yang Berbeda Terhadap Mutu (Organoleptic) Bakso Daging Ayam. Makassar: Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin.

Aprilia, A. S. (2019). Kualitas Kimia, Fisik dan Sensoris Bakso Daging Sapi Yang Disubstitusi Dengan Daging Keong Sawah. Yogyakarta: Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada.

Ardianti, Y. W. (2018). Pengaruh Penambahan Karagenan Terhadap Sifat Fisik dan Organoleptik Bakso Ikan Tongkol (Euthynnus affinis). Agroteksos: Agronomi Teknologi dan Sosial Ekonomi Pertanian, 24(3), 159-166.

Chakim, L. B. (2013). Tingkat Kekenyalan, Daya Mengikat Air, Kadar Air, dan Kesukaan Pada Bakso Daging Sapi Dengan Substitusi Jantung Sapi. Animal Agriculture Journal, 2(1), 97-104.

Hidayat, S. I. (2018). Consumer Preferences In Purchasing Packaged Meatball Products. International Conference on Science and Technology. Atlantis Highlights in Engineering, Atlantis Press, 1(5), 94-100.

Husain, R. D. (2021). Analisis Organoleptik Mutu Hedonik dan Kimia Bakso Ikan Tuna Dengan Penambahan Tepung Buah Lindur (Bruguiera gymnorrhiza). Jambura Journal of Animal Science, 3(2), 71-80.

Oktaviani, Y. (2002). Kandungan gizi dan palatabilitas bakso campuran daging dan jantung sapi. Bogor: Fakultas Peternakan, IPB.

Riadi, E. (2015). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik. Pustaka Mandiri: Tangerang.

SNI. (2006). Petunjuk Pengujian Organoleptik. Jakarta: SNI.

Zar, J. H. (2010). Biostatistical Analysis. New Jersey, U.S: Prentice Hall.

Received: 28 Mar 2023; Accepted: 15 Mar 2024; Available Online: 10 Jun 2024;