Article Details
Pengaruh Sosiodemografi terhadap Persepsi Harga Konsumen pada Merek Produk Olahan Daging Hasil Peternakan
The Influence of Sociodemography on Consumer Price Perceptions on Brands of Livestock Processed Meat Products
Main Article Content
Konsumen memiliki beberapa pertimbangan sebelum memilih merek produk tertentu. Namun, ketika konsumen memilih produk olahan daging, harga tidak lagi menjadi faktor yang utama. Konsumen sadar bahwa produk daging olahan memiliki manfaat lebih dari pada daging segar karena dapat disimpan lebih lama. Kenaikan pembelian produk tersebut menyebabkan peningkatan pengusaha agribisnis baru yang menjual produk daging olahan. Penelitian dilakukan di enam provinsi, yaitu Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Provinsi tersebut merupakan sentra konsumen produk olahan daging dan kepadatan penduduk yang lebih tinggi dibandingkan provinsi lain di Indonesia. Studi ini menggunakan desain cross-sectional dengan metode survei untuk menganalisis pengaruh karakteristik sosiodemografi konsumen terhadap persepsi harga dalam memilih merek produk daging olahan. Data primer dikumpulkan menggunakan teknik pengambilan convinience sampling. Sebanyak 456 responden konsumen produk olahan daging terlibat dalam studi ini. Penelitian ini membedakan responden berdasarkan umur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan tingkat pendapatan, lokasi tempat tinggal, jenis kelamin, dan pendidikan terakhir signifikan berpengaruh terhadap perbedaan persepsi harga dalam keputusan pemilihan merek produk (P<0.001). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsumen dengan karakteristik sosiodemografi yang berbeda memiliki pandangan yang berbeda pula terkait harga dalam menentukan pilihan merek produk olahan daging. Pendapatan konsumen menjadi faktor dominan dalam menentukan merek produk daging ternak olahan tertentu.
As' ad, M. H., & Aji, J. M. M. (2020). Faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen kedai kopi modern di Bondowoso. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 13(2), 182-199.
Banks, J. (2008). The consumer’s perspective, OECD.
Buiga, A., Stegerean, R., Chiş, A., & Lazăr, D. (2017). Pricing of the tourism product: a tool for entrepreneurs to adapt to a flexible market. Ekonomie a Management, 20(1), 172–186.
Danh, L. N., & Truc, N. T. T. (2022). Analysis of factors affecting the consumption intention of processed sea crabs in big cities in Vietnam. JASAE, 18(1), 841-849.
de Boer, J., Schösler, H., & Aiking, H. (2014). “Meatless days” or “less but better”? Exploring strategies to adapt Western meat consumption to health and sustainability challenges. Appetite, 76, 120-128.
Dias, K. T., & Junior, S. S. B. (2016). The use of reverse logistics for waste management in a Brazilian grocery retailer. Waste Management & Research, 34(1), 22-29.
Dzakiyyah, R. W. A., & Agustina, T. (2021). Determinan Pengambilan Keputusan Konsumen Daging Ayam Ras di Pasar Tradisional Murni dan SNI Kabupaten Situbondo. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 14(2), 96-110.
Evans, A. E., Jennings, R., Smiley, A. W., Medina, J. L., Sharma, S. V., Rutledge, R., Stigler, M. H., & Hoelscher, D. M. (2012). Introduction of farm stands in low-income communities increases fruit and vegetable among community residents. Health & Place, 18(5), 1137-1143.
Firdaus, A. M., Firman, A., & Fitriani, A. (2022). Analisis Faktor Lokasi, Kelengkapan Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Daging Sapi dan Turunannya. Mimbar Agribisnis, 8(1), 376-386.
Gelbíčová, T., Brodíková, K., & Karpíšková, R. (2022). Livestock-associated methicillin-resistant Staphylococcus aureus in Czech retailed ready-to-eat meat products. International Journal of Food Microbiology, 374.
Guha, S. (2013). The changing perception and buying behaviour of women consumer in Urban India. IOSR Journal of Business and Management, 11(6), 34-39.
Henchion, M., McCarthy, M., Resconi, V. C., & Troy, D. (2014). Meat consumption: Trends and quality matters. Meat science, 98(3), 561-568.
Jang, S., Prasad, A., & Ratchford, B. T. (2012). How consumers use product reviews in the purchase decision process. Marketing letters, 23(3), 825-838.
Kamphuis, C. B., de Bekker-Grob, E. W., & van Lenthe, F. J. (2015). Factors affecting food choices of older adults from high and low socioeconomic groups: a discrete choice experiment. The American journal of clinical nutrition, 101(4), 768-774.
Kang, J., Jun, J., & Arendt, S. W. (2015). Understanding customers’ healthy food choices at casual dining restaurants: Using the Value–Attitude–Behavior model. International Journal of Hospitality Management, 48, 12-21.
Kementrian Industri. (2020). Industri Pengolahan Daging Terus Bertumbuh, Hasil Produksi Diserap 200 Ribu Peritel Makanan.
Krisna, M., Arifin, M., & Puspitojati, E. (2021). Strategi Pemasaran Online Produk Olahan Pangan. Jurnal Triton, 12(2), 15-26.
Liu, J., Ellies-Oury, M. P., Stoyanchev, T., & Hocquette, J. F. (2022). Consumer perception of beef quality and how to control, improve and predict it? Focus on eating quality. Foods, 11(12).
Magalhaes, D. R., Maza, M. T., Prado, I. N. D., Fiorentini, G., Kirinus, J. K., & Campo, M. D. M. (2022). An exploratory study of the purchase and consumption of beef: Geographical and cultural differences between Spain and Brazil. Foods, 11(1).
Mendenhall, W., & Sincich, T. (2011). A Second Course in Statistics: Regression Analysis (7th Editio). Prentice Hall.
Mortimer, G., & Clarke, P. (2011). Supermarket consumers and gender differences relating to their perceived importance levels of store characteristics. Journal of retailing and consumer services, 18(6), 575-585.
Muzayyanah, M. A. U., Triatmojo, A., & Guntoro, B. (2022). The consumer preferences for processed meat products based on choice brand priorities. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 1001, No. 1, p. 012024). IOP Publishing.
Novita, D., & Husna, N. (2020). Competitive advantage in the company. TECHNOBIZ: International Journal of Business, 3(1), 14-18.
Pierre, B. (2010). Distinction: A Social Critique of the Judgement of Taste (p. 610). Taylor & Francis.
Punj, G. (2011). Effect of consumer beliefs on online purchase behavior: The influence of demographic characteristics and consumption values. Journal of Interactive Marketing, 25(3), 134-144.
Roobab, U., Chacha, J. S., Abida, A., Rashid, S., Muhammad Madni, G., Lorenzo, J. M., Zeng, X., & Aadil, R. M. (2022). Emerging trends for nonthermal decontamination of raw and processed meat: Ozonation, high-hydrostatic pressure and cold plasma. Foods, 11(15).
Saleh, I. M., M, R., & Nella. (2011). Hubungan antara pengetahuan merek sozzis dengan volume pembelian produk sosis merek Sozzis Pada PT. Carrefour Cabang MTC Karebosi, Makassar. Jurnal Agribisnis, 10(3), 59–69.
Sans, P., & Combris, P. (2015). World meat consumption patterns: An overview of the last fifty years (1961–2011). Meat science, 109, 106-111.
Santoso, I., Mustaniroh, S. A., & Pranowo, D. (2018). Keakraban produk dan minat beli frozen food: peran pengetahuan produk, kemasan, dan lingkungan sosial. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11(2), 133-144.
Sasaki, K. (2022). Diversity of Japanese consumers' requirements, sensory perceptions, and eating preferences for meat. Animal Science Journal, 93(1).
Setiadi, R., Setyowati, R., Iskandar, K., Syaifulloh, M., Abadiyah, A., Yulianto, A., & Ikhwan, S. (2022). The Effect of Perceived Price and Service Quality on Consumer Satisfaction of Healthy Baby Food Counters. Food Science and Technology (United States), 10(2), 17-22.
Setyowati, K., Murti, A. T., & Astuti, F. K. (2021). Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Masyarakat terhadap Produk Daging Sapi Segar dan Produk Olahan di Kota Wisata Batu. Jurnal Ilmiah Fillia Cendikia, 6(2), 118-129.
Shutters, S. T., Applegate, J. M., Wentz, E., & Batty, M. (2022). Urbanization favors high wage earners. Npj Urban Sustainability, 2(1).
Subramanian, K. S., & Tarafdar, J. C. (2011). Prospects of nanotechnology in Indian farming. Indian J Agric Sci, 81(10), 887-893.
Suhaily, L., & Darmoyo, S. (2017). Effect Of Product Quality, Perceived Priceand Brand Image On Purchase Decision Mediated By Customer Trust (Study On Japanese Brandelectronic Product). Jurnal Manajemen, 21(2), 179-194.
Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (2nd ed.). Ghalia Indonesia.
Top Brand Index. (2022). Top Brand Index Beserta Kategori Lengkap. Top Brand Index.
Zeithaml, V. A., and Bitner, M. J. (2003). Service Marketing. McGraw Hill Inc.
Received: 15 Feb 2023; Accepted: 06 Jun 2023; Available Online: 16 Jun 2023;