Article Details
Desain Media Sosial sebagai Media Penyuluhan di Masa Pandemik COVID-19
Main Article Content
Materi penyuluhan tentang penerapan kesejahteraan hewan pada budidaya sapi perah sangat penting dan dibutuhkan oleh peternak. Namun, selama masa pandemik COVID-19, kegiatan penyuluhan secara tatap muka cenderung dibatasi. Penyuluhan online dinilai dapat menjadi solusi karena peternak dapat mengakses materi penyuluhan tanpa dibatasi tempat dan waktu. Tujuan penelitian yaitu menetapkan media sosial yang sesuai sebagai media penyuluhan online, menghasilkan desain, mendeskripsikan pengelolaan serta mengevaluasi efektivitas media penyuluhan online di masa pandemik COVID-19. Metode penelitian adalah survei. Sampel penelitian yaitu 30 peternak yang ditetapkan secara purposive sampling. Pendekatan kajian yang digunakan ada tiga tahap. Tahap satu menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) untuk menganalisis dan menetapkan, mendesain serta mengelola media sosial. Tahap dua menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengevaluasi efektivitas media sosial dengan EPIC model (Empathy, Persuasion, Impact dan Communication). Tahap tiga yaitu evaluasi (evaluation) dampak media sosial menggunakan Rumus Konten Positif dan Rumus Konten Negatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan matriks analisis channel YouTube. Hasil analisis penetapan media sosial menunjukkan bahwa YouTube merupakan platform media sosial yang cocok digunakan untuk pelaksanaan penyuluhan online. Pengelolaan YouTube dilakukan dengan pembuatan nama dan ikon channel “sapi perah moo”; pencantuman deskripsi channel; pengunggahan konten kesejahteraan hewan pada sapi perah dengan memanfaatkan jadwal rilis; pembuatan judul konten dan thumbnail; pembuatan playlist serta penyisipan kartu tayang. Disimpulkan bahwa channel YouTube “sapi perah moo” merupakan media penyuluhan online yang efektif digunakan di masa pandemik COVID-19 dengan nilai efektivitas sebesar 88% dan dampak positif sebesar 100%.
Altman, E., & Jiménez, T. (2019). Measuring Audience Retention in YouTube. In VALUETOOLS 2019: Proceedings of the 12th EAI International Conference on Performance Evaluation Methodologies and Tools (pp. 79–85).
Effing, R., Ilmu, U., & Saxion, T. (2013). Desain Strategi Media Sosial, (April 2013).
Irfan, M., Warnaen, A., & Rustandi, Y. (2019). Animal Socialite Network Berbasis Instagram sebagai Media Penyuluhan Pertanian. Makassar: Tohar Media.
Kadzere, C. T., Murphy, M. R., Silanikove, N., & Maltz, E. (2002). Heat Stress in Lactating Dairy Cows: A Review. Livestock Production Science, 77(1), 59–91.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Permenkes No. 9 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Kementerian Kesehatan RI.
Kemp, S. (2021). DIGITAL 2021: INDONESIA. Retrieved March 20, 2021, from https://datareportal.com/reports/ digital-2021-indonesia
Kipkurgat, T., Onyiego, M., & Chemwaina, S. (2016). Impact of Social Media on Agricultural Extension in Kenya: A Case of Kesses District. International Journal of Agricultural Extension and Rural Development Studies, 3(1), 30–36.
McInerney, J. P. (2004). Animal Welfare, Economics and Policy. Journal of the Royal Agricultural Society of England (Vol. 165).
Paudel, R., & Baral, P. (2018). Social Media in Agricultural Extension. Agricultural Extension Journal, 2(2), 69–74. Retrieved from www.aextj.com
Prayoga, K. (2017). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Penyuluhan Pertanian Dan Perikanan Di Indonesia. Agriekonomika, 6(1), 32–43.
Rahardi, & Zamzaini. (2017). Manajemen Susu Sapi Perah. Karanganyar: Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan (LPTP).
Raj, S., & Bhattacharjee, S. (2013). Mobile Phone and Social Media for Agricultural Extension: Getting Closer to Hype & Hope? International Conference on Extension Educational Strategies for Sustainable Agricultural Development A Global Perspective: December, 140–148.
Raj, S., & Bhattacharjee, S. (2017). Social Media for Agricultural Extension About the Publication Content Reviewer, (1), 1–20.
Reyvalda, R., Rustandi, Y., & Warnaen, A. (2019). Desain Media Penyuluhan Interaktif Berbasis Flash Player dengan Model ADDIE pada Materi Probiotik sebagai Pakan Aditif Sapi Perah. Jurnal Penyuluhan Pembangunan, 1(1).
Saravanan, R., Suchiradipta, B., Chowdhury, A., Hambly Odame, H., & Hall, K. (2015). Social Media for Rural Advisory Services. Note 15. GFRAS Good Practice Notes for Extension and Advisory Services. GFRAS: Lindau, Switzerland. Lindau: https://www.g-fras.org/en.
Sinclair, M., Fryer, C., & Phillips, C. J. C. (2019). The benefits of improving animalwelfare from the perspective of livestock stakeholders across asia. Animals, 9(4).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Susilo, J. (2013). Heat Stress Sapi Perah dan Cara Mengatasinya. Retrieved April 27, 2021, from http://bvetlampung. ditjenpkh. pertanian.go.id/heat-stress-sapi-perah-dan-cara-mengatasinya/
Utami, K. B., Radiati, L. E., & Surjowardojo, P. (2014). Kajian kualitas susu sapi perah PFH (studi kasus pada anggota Kope-rasi Agro Niaga di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang). Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, 24(2), 58–66.
Wahyu, Y. (2019). Penerapan Prinsip Animal Welfare dalam Manajemen Pembibitan Ternak di BBPTUHPT Baturraden. Retrieved April 27, 2021, from http://bbptusapiperah.ditjenpkh.pertanian.go.id/?p=2964
Wahyudi, P. (2017). Pengaruh Cuaca Exstrem terhadap Kesejahteraan Hewan. Retrieved April 27, 2021, from http://kesmavet.ditjenpkh.pertanian.go.id/ index.php/berita/tulisan-ilmiah-populer/ 167-pengaruh-cuaca-ekstrem-terhadap-kesrawan
Wirga, E. W. (2016). Content Analysis on Youtube Social Media to Support Political Campaign Strategies. Jurnal Ilmiah Informatika Dan Komputer, 21(100), 14–26.
YouTube. (2021a). Beri brand pada channel Anda. Retrieved July 15, 2021, from https://creatoracademy.youtube.com/page/lesson/brand-identity?hl=id#strategies-zippy-link-1
YouTube. (2021b). Jaga agar channel Anda tetap segar dengan upload dan playlist. Retrieved July 15, 2021, from https://creatoracademy.youtube.com/ page/lesson/trendsetter?cid=get-discovered&hl=id#strategies-zippy-link-1
Yulida, R., Sayamar, E., Andriani, Y., & Sari, R. Y. (2017). Efektivitas Media Visual Dan Media Audio- Visual Dalam Penyuluhan Di Kelurahan Kabupaten Siak. In CELSciTech: Urgensi Riset dan Pengembangan Teknologi Informasi Dalam Mengatasi Masalah Bangsa (Vol. 2, pp. 19–22).
Received: 30 Dec 2021; Accepted: 27 May 2022; Available Online: 30 Jun 2022;