Strategi Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemasaran Digital oleh Petani Porang di Kabupaten Wonogiri Masa Pandemi COVID-19


Abstract viewed : 1562 times,     PDF downloaded : 1804 times

  • Muhammad Ivan Rizki Universitas Sebelas Maret
  • Alfian Khamal Mustafa Universitas Sebelas Maret
  • Eullia Tri Mukti Hezak Universitas Sebelas Maret
  • Puspita Annisa Utami Universitas Sebelas Maret
Keywords: Konten, Media sosial, Pemasaran digital, Petani milenial, Porang

Abstract

Media sosial saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup yang tidak bisa terlepaskan dari setiap aktivitas manusia. Pemasaran dengan memanfaatkan media sosial saat ini menjadi kegemaran masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk dalam pemasaran hasil produk pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau tingkat efektivitas dan manfaat penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran digital porang oleh petani milenial di Wonogiri. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang diamati pada studi kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis secara cermat sampai tuntas. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) lokasi yang dipilih yaitu Kabupaten Wonogiri. Pemilihan informan dilakukan secara sengaja (purposive) dan menggunakan teknik snowball sampling untuk menemukan informan kunci yang memiliki banyak informasi. Informan yang dipilih adalah Petani Porang di Kabupaten Wonogiri dan Kepala BPP Kabupaten Wonogiri. Teknik pemasaran yang tepat untuk menjual dan mempromosikan produk hasil panen tanaman porang tersebut di saat pandemi ini adalah dengan teknik pemasaran digital. Bentuk pemasaran digital yang digunakan petani di Kabupaten Wonogiri melalui penggunaan media sosial untuk memasarkan hasil panen porangnya. Strategi content marketing yang diterapkan para petani porang milenial untuk menarik pelanggan yaitu dengan menggunakan piramida konten. Lelang online sebagai strategi lain yang dilakukan oleh petani porang milenial Wonogiri. Bentuk pemasaran digital yang digunakan oleh petani dalam pemasaran produk ini adalah penggunaan media sosial sebagai wadah dari pemasaran produk hasil panen tanaman porang di Kabupaten Wonogiri, adanya penggunaan media sosial oleh petani porang milenial di Kabupaten Wonogiri ini dengan mudah mempertemukan pembeli atau pengepul, sehingga lebih efektif dan efisien diterapkan dalam pemasaran terutama di masa pandemi COVID-19.

References

Anggia, M.N. & Shihab, M R. (2018) Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. J Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159-170.

Arianto, B. (2020) Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Dunia,

J Ekonomi Perjuangan, 2(2), 106-126.

BPS Wonogiri. (2018) Data Statistik Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Wonogiri. [Online]. Tersedia di: https;//wonogirikab.bps.go.id.

BPS. (2018) Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2018. URL: https://www.turc.or.id/wp-content/uploads/2018/06/BPS_Berita-Resmi-Statsitik_Keadaan-Ketenagakerjaan-Indonesia-Februari-2018.pdf. Diakses tanggal 6 Juli 2021.

BPS. (2021) Ekonomi Indonesia Triwulan I-2021 turun 0,74 persen (y-on-y). URL: https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/05/05/1812/ekonomi-indonesia-triwulan-i-2021-turun-0-74-persen--y-on-y-.html. Diakses tanggal 7 Juli 2021.

Eddyono, S. et al. (2020) Pandemi dan yang Tersingkir: Menakar Urgensi Kebijakan Inklusif Penanganan Covid-19. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM: UGM Press.

Feryanto, N.R. (2021) Penggunaan Telepon Seluler untuk Pemasaran Serta Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Petani, J Agrisep, 20(1), 25-42.

Miles, M.B. & Huberman, M.A. (2007) Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Muljono, R.K. (2018) Pemasaran Digital Concept: Penggunaan Konsep Dasar pemasaran digital untuk Membuat Perubahan Besar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Nastiti, F.E. & Abdu, A.R.N. (2020) Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia menghadapi Era Society 5.0. J Kajian Teknologi Pendidikan Edcomtech, 5(1), 61-66.

Pandrianto, N., & Sukendro, G.G. (2018) Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan, Brand Engagement. J Komunikasi, 10(2), 167-176.

Rofik, K., et al. (2017) Potensi Produksi Tanaman Porang (Amorphophallus Muelleri Blume) Di Kelompok Tani Mpsdh Wono Lestari Desa Padas Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun, J Ilmu Pertanian, Kehutanan dan Agroteknologi, 17(2), 53-65.

Setiyorini, E.S., Noorachmat, B.P., & Syamsun, M. (2018) Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan pada UMKM Cindy Group, Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 19-28.

Siagian, A.O., Rini, M., & Natal, I. (2020) Kemajuan Pemasaran Produk dalam Memanfaatkan Media Sosial di Era Digital, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), 44-51.

Sugiyono. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Trymastuty, B., Hernanda, R.A., & Firstya, E.D. (2020) Pemasaran Produk Hasil Pertanian Desa Pasuruhan Kecamatan Mertoyudan Melalui Media Sosial: Strategi Pendampingan Terstruktur. J Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 116-121.

WHO. (2021) WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard. URL: https://covid19.who.int/. Diakses tanggal 6 Juli 2021.

Wulandani, B.R.D. & Anggraini, W. (2020) Food Estate sebagai Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi COVID-19 di Desa Wanasaba, J Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 386-390.

Published
2021-09-09