Article Details

Main Article Content

Erni Firdamayanti
Gita Srihidayati
Fibri Indira Lisanty

Salah satu makanan tradisional di Tana luwu (Luwu Raya) yang sudah melegenda adalah Kapurung. Tingginya minat konsumsi kapurung di tana luwu khususnya Kota Palopo menjadi peluang bagi UMKM untuk bisa berkembang. Namun eksistensi produk lokal seperti kapurung ini dikhawatirkan akan meredup jika tidak dikembangkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor proses pengolahan makanan tradisioanl kapurung yang memengaruhi minat konsumen dengan menggunakan metode QFD di Kota Palopo. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan mix metode, yaitu (1) metode kuantitaif meliputi Voice of Custumer (VOC) tentang atribut makanan tradisional kapurung, Quality Function Deployment (QFD) dan (2) Metode kualitatif diperoleh dari hasil wawancara pihak UMKM (Warung Makanan Tradisional Kapurung). Sampel pada penelitian ini adalah konsumen produk kapurung yang berada di kota palopo sebanyak 100 orang.  Hasil penelitian menunjukkan penentuan atribut Voice of Custumer   (VOC) terdiri dari 3 golongan antara lain sensory produk, komposisi bahan, kemasan dan penyajian. Hubungan atribut mutu produk kapurung dengan tahapan pengolahan diperoleh teknis penyajian kapurung berhubungan kuat terhadap atribut kualitas produk konsisten. Hubungan antara tahapan pengolahan menunjukkan bahwa pembuatan kaldu kapurung memiliki hubungan sangat kuat dengan pengolahan sagu, pengolahan sayur hingga pencampuran bola-bola sagu dengan kaldu. Prioritas tahapan pengolahan yang utama adalah pengemasan produk dengan nilai prioritas 17,8.

Keywords: Kapurung Metode QFD Minat konsumen

Bintoro, H. M. H., Purwanto, H. M., & Amarillis, S. (2010). Sagu di Lahan Gambut. IPB University.

Budiari, A. D. T., Lani, I. G. A., & Triani, A. H. (2016). Pengaruh Frekuensi Pencelupan dan Lama Perebusan terhadap Kadar Logam Berat dan Mutu Sensoris Sawi Hijau (Brassica rapa I. Subsp. Perviridis Bayley). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Argoindustri, 4(1), 52-61.

Damanik, D., & Angelika, F. C. (2016). Pengaruh Keterampilan Terhadap Peningkatan Kinerja Pastry Cook Di Departemen Pastry Sheraton Bandung Hotel & Towers. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 1(1), 31-42.

Dantes, K. R. (2013). Kajian Awal Pengembangan Produk Dengan Menggunakan Metode Qfd (Quality Function Deployment) (Studi Kasus Pada Tang Jepit Jaw Locking Pliers). JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 2(1).

Ega, L., & Lopulalan, C. G. C. (2015). Modifikasi pati sagu dengan metode heat moisture treatment. AGRITEKNO: Jurnal Teknologi Pertanian, 4(2), 33-40.

Ernawati, E., Lakare, H., & Diansari, P. (2018). Peranan Makanan Tradisional Berbahan Sagu Sebagai Alternatif Dalam Pemenuhan Gizi Masyarakat. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 14(1), 31-40.

Fidyansari, D., & Aprilia, S. N. A. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk olahan sagu (kapurung) di Kota Palopo. Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 6(3), 66-75.

Hayati, N., Purwanto, R., & Kadir, A. W. (2014). Preferensi masyarakat terhadap makanan berbahan baku sagu (Metroxylon Sagu Rottb) sebagai alternatif sumber karbohidrat di Kabupaten Luwu dan Luwu Utara Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, 11(1), 82-90.

Indrastuti, Y. E., Kristandi, A. Y., & Imelda, F. (2023). Karakteristik fisikokimia dan organoleptik bubble pearl tapioka dan pati sagu lokal kalimantan barat. Jurnal Agroindustri, 13(1), 14-23.

Mulyawan, I. B., Handayani, B. R., Dipokusumo, B., Werdiningsih, W., & Siska, A. I. (2019). Pengaruh teknik pengemasan dan jenis kemasan terhadap mutu dan daya simpan ikan pindang bumbu kuning. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, 22(3), 464-475.

Novianti, T. (2012). Penerapan Metode Qfd (Quality Function Deployment) Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Produk Pada Coko Tela Cake, Jogjakarta. Skripsi. Universitas Islam Indonesia.

Rajab, M. A. (2020). Potensi Olahan Sagu Dalam Mendukung Diversifikasi Pangan Di Desa Poreang Kabupaten Luwu Utara. Biofarm: Jurnal Ilmiah Pertanian, 16(2), 54-58.

Santoso, A. D. (2017). Potensi dan kendala pengembangan sagu sebagai bahan pakan, pangan, energi dan kelestarian lingkungan di indonesia. Jurnal Rekayasa Lingkungan, 10(2), 51-57.

Srihidayati, G., & Suhaeni, S. (2021). Analisis pendapatan dan kelayakan usaha dodol sagu di Kota Palopo (Studi kasus: usaha dodol fitri). Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 9(3), 214-220.

Ul’fah, H. M. (2021). Pengantar Statistika 1. Media Sains Indonesia: Bandung.

Utami, P., Lestari, S., & Lestari, S. D. (2016). Pengaruh metode pemasakan terhadap komposisi kimia dan asam amino ikan seluang (Rasbora argyrotaenia). Jurnal FishtecH, 5(1), 73-84.

Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di “mas pack” terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67-76.

Received: 22 Nov 2023; Accepted: 15 Aug 2024; Available Online: 26 Aug 2024;