Article Details

Main Article Content

Latarus Fangohoi
Olando Marselino Tobias Asmuruf
Widyaningrum Widyaningrum
Eddy Mayor
Kornelis Muabuai
Stenli Duit
Andarias Pariri

Latar belakang: Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan kelas-kelas kelompok tani kepada para petani lokal di Kampung Bremi dan juga mengetahui tingkat pengetahuan petani lokal terhadap kelas-kelas kelompok tani. Pelaksanaan penyuluhan ini perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan petani lokal tentang kelas-kelas kelompok tani.


Metode: Pelaksanaan penyuluhan ini diikuti oleh 15 orang yang terdiri dari 10 orang wanita tani responden dan 5 orang penyuluh lapangan dengan metode ceramah. Metode ini digunakan agar petani dapat menyimak dan mendapatkan informasi baru untuk menambahkan pengetahuan tentang materi kelas kelompok yang disampaikan.


Hasil: Evaluasi tes awal (pre test) terhadap petani responden dengan nilai rata-rata 2,0 berada pada kategori rendah dan tes akhir (post test) dengan nilai rata – rata 9,9 berada pada kategori tinggi. Efektivitas penyuluhan dengan nilai persentase 98,75 % berada pada kategori efektif.


Kesimpulan: Hasil penilaian tes awal (pre test), tes akhir (post test) dan efektivitas menunjukan bahwa petani di Kampung Bremi Distrik Manokwari Utara Kabupaten Manokwari mengalami peningkatan pengetahuan mengenai materi penyuluhan tersebut.

Keywords: Efektivitas Kelas kelompok tani Petani lokal Wanita tani

Bahua, M. I. (2021). Efektivitas dan Persepsi Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian pada Masa Pandemi Covid 19. AGRIMOR, 6(3), 138-144.

Fachry, M. E., & Pertamasari, A. (2011). Analisis efektifitas metode penyuluhan pada masyarakat pesisir di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Fakultas Peternakan UNHAS.

Swastika, D. K. (2016). Penguatan Kelompok Tani: Langkah Awal Peningkatan Kesejahteraan Petani.

https://analisnews.co.id/2020/09/kordinator-pw-klasis-gki-manokwari-elar-kegiatan-pembinaan pelayanan-bagi-ibu-ibu-pw-lingkungan-v.html

Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pertanian No.82/Permentan/OT.140/8/2013 tentang Pedoman Pembinaan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani. Jakarta. Kementan RI. Lokasi Dinamika Inovasi Sosial Ekonomi dan Kelembagaan Pertanian (buku 1). (n.d.). Penumbuhan Dan Pengembangan Kelompok Tani – Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan. (n.d.).

Leilani, A., Nurmalia, N., & Patekkai, M. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Penyuluhan (Kasus pada Kelompok Ranca Kembang Desa Luhur Jaya Kecamatan Cipanas Kabupaten Lebak Provinsi Banten). Jurnal Penyuluhan Perikanan dan Kelautan, 9(1), 43-54.

Malia, R., & Rahayu, L. S. (2019). Pengaruh Penyuluhan Melalui Metode Ceramah dan Diskusi terhadap Tingkat Pengetahuan Teknologi Sistim Tanam Legowo di Kelompok Tani Karya Mukti III Desa Sukakarya Kecamatan Sukanagara Kabupaten Cianjur. Agroscience, 4(1), 51-60.

Prasetia, R., Hasanuddin, T., & Viantimala, B. (2015). Peranan kelompok tani dalam peningkatan pendapatan petani kopi di kelurahan Tugusari kecamatan Sumberjaya kabupaten Lampung Barat. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis: Journal of Agribusiness Science, 3(3), 301-307.

Saputra, M., & Sari, N. (2019). Pelatihan Inovasi dan Pemasaran Produk Pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Singkong di Pekon Tanjung Anom Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 7-12.

Sumardjo. (2020). Tantangan dan peluang profesi penyuluh dalam pembangunan nasional. Makalah disampaikan pada Webinar Kuliah Umum: Tantangan Dan Peluang Penyuluh Dalam Pembangunan Nasional; 2020 Agu 8; Lampung, Unila.

Syahri, S., Somantri, R. U., & Thamrin, T. (2019). Peran Diseminasi Teknologi dalam Meningkatkan Pengetahuan Petani dan Produksi Padi di Lahan Rawa Lebak Sumatera Selatan. In Seminar Nasional Lahan Suboptimal (No. 1, pp. 584-594).