Article Details

Main Article Content

Muhajir
Masdar Fatman
Bangkit Lutfiaji Syaefullah

Latar belakang: Kinerja penyuluh selama ini menjadi sorotan utama dalam keberhasilan pertanian, sedangkan kinerja penyuluh sudah diatur berdasarkan standar yang tertuang di Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006. Berdasarkan peraturan tersebut diperlukan evaluasi kinerja penyuluh pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh pertanian lapangan (PPL) yang ada di Kelurahan Taramanu Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polewali Mandar. Kelurahan Taramanu dipilih karena merupakan daerah dengan jumlah petani aktif paling banyak di Kabupaten Polewali Mandar, sedangkan dengan jumlah petani yang banyak tapi jumlah penyuluhnya terbatas, sehingga diperlukan evaluasi kinerja penyuluh berdasarkan tingkat kepuasan petani.


Metode: Penentuan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling) dengan mengambil 10% dari 420 populasi petani di Kelurahan Taramanu Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polewali Mandar sehingga jumlah responden petani sebanyak 42 orang responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif.


Hasil: Kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh pertanian di Kelurahan Taramanu Kecamatan Tubbi Taramanu Kabupaten Polewali Mandar mengenai kemampuan kinerja penyuluh didasarkan pada indikator kinerja secara berturut-turut adalah Indikator Jumlah kerja (rendah/1,60), Kualitas kerja (sedang/2,05), Pengetahuan (sedang/2,28), Gagasan (sedang/2,30), Kerjasama (sedang/2,16), Kepercayaan (sedang/1,80), Tanggung jawab (sedang/1,97), dan kepribadian penyuluh pertanian (tinggi/2,57).


Kesimpulan: Secara keseluruhan indikator, petani merasa cukup puas terhadap kinerja penyuluh pertanian (sedang). Berdasarkan hasil rata-rata seluruh indikator, tingkat kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh pertanian tergolong dalam kategori sedang yang menunjukkan bahwa layanan penyuluhan belum sepenuhnya memenuhi harapan petani.

Keywords: Kinerja Kepuasan Penyuluh Petani

Arianto, N., & Giovanni. (2020). Pengaruh Kualitas Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran, 3(1), 15-16.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N., & Rosiana, N. (2017). Konsep pemasaran agribisnis: pendekatan ekonomi dan manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 5(2), 151-172.

Audi, R. (1999). The Cambridge dictionary of philosophy (Vol. 2). Cambridge: Cambridge university press.

Badan Pusat Statistik. (2019). Indonesia Dalam Angka 2019. BPS Indonesia.

Hidayat, Y. Y., Batubara, M. M., & Kurniawan, R. (2017). Peran Penyuluh Pertanian Lapangan Dalam Mendampingi Kelompok Tani Padi Di Kecamatan Lalan Kabupaten Musi Banyuasin. Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 6(1), 30-37.

Islamiyah, A. N., Alyas, A., & Parawu, H. E. (2021). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(5), 1874-1891.

Jailani, M. (2017). Kredibilitas Pemimpin Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pengendalian Lahan dan Tata Ruang Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Paradigma (JP), 1(3), 402-419.

Koesomowidjojo, & Mar’ih, S. R. (2017). Analisis Beban Kerja. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Made, G. G., Muis, M., & Pono, M. (2018). Analisis Pengaruh Kompetensi, Pelatihan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening pada Tim Tanggap Darurat Fire and Emergency Services di Wilayah Kerja Tambang PT Vale Ind Tbk. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(4), 65-72.

Munizu, M. (2017). Pengaruh kepercayaan, komitmen, dan teknologi informasi terhadap kinerja rantai pasokan (Studi kasus IKM pengolah buah markisa di Kota Makassar). Jurnal Manajemen & Agribisnis, 14(1), 32-32.

Nababan, O., & Suharti, L. (2022). Pengaruh Faktor Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi Dan Kohesivitas Terhadap Kinerja Tim Virtual. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 10(1), 57-72.

Nitisemito, A. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka. Setia.

Oliver. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Sumatra. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.

Saat, S. (2015). Faktor-faktor determinan dalam pendidikan (studi tentang makna dan kedudukannya dalam pendidikan). Al-Ta'dib, 8(2), 1-17.

Sabir, Maulana, I., Apriani, W., & Al Afgani, J. (2020). Seri 1 Penyuluhan Pertanian. CV. Dandelion Publisher.

Singarimbun, M., & Effendi, S. (2006). Metode Penelitian Survei, LP3ES. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Suradisastra, K. (2008). Strategi pemberdayaan kelembagaan petani. In Forum penelitian agro ekonomi, 26(2), 82-91.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Kepuasan Pelanggan: Konsep, Pengukuran dan Strategi. Penerbit Andi Yogyakarta.

Undang – undang nomor 16 tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (UU-SP3K)

Van den Ban, A. W. & Hawkins, H. S. (2003). Penyuluhan Pertanian. Kanisius. Yogyakarta.