Strategi Pengembangan Pemasaran Usaha Perbenihan Padi Gapoktan Pandowo Mulyo Kelurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman


Abstract viewed : 98 times,     PDF downloaded : 66 times

  • Suci Eka Safitri Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Agus Wartapa Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Sukadi Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
Keywords: Benih, Strategi pengembangan pemasaran, SWOT, Usaha perbenihan padi

Abstract

Perbenihan merupakan salah satu komponen hulu yang berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas, mutu hasil, dan sifat ekonomis produk agribisnis tanaman pangan. Kajian  ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan pemasaran usaha perbenihan padi Gapoktan Pandowo Mulyo, Kelurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman serta menetapkan strategi yang menjadi prioritas usaha tersebut. Kajian ini menggunakan metode kombinasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner terhadap 25 responden yang dipilih secara purposive random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Dari hasil kajian diketahui total skor bobot faktor internal sebesar 2,95 dan faktor eksternal 2,54. Nilai ini digunakan untuk mengetahui posisi usaha menggunakan Matriks IE dan diperoleh hasil bahwa usaha perbenihan padi ini berada di sel V, yaitu posisi growth and stability. Penentuan posisi usaha juga dilakukan menggunakan kuadran SWOT dengan nilai sumbu X sebesar 1,6 dan sumbu Y sebesar 0,94 sehingga didapatkan pada posisi kuadran 1 yaitu strategi agresif.   Matriks SWOT menghasilkan 8 strategi alternatif dan ditetapkan 1 strategi prioritas menggunakan QSPM yaitu meningkatkan peningkatan penggunaan internet untuk promosi dan perluasan target pasar.

References

Afridhal, M. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Roti Tanjong di Kecamatan Samalanga Kabupaten Biruen. Jurnal S. Pertanian, 1(3).

Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Produktivitas Padi Daerah Istimewa Yogyakarta 2020. Yogyakarta: BPS Provinsi DI Yogyakarta.

David, F.R. (2017). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat

Fandy, T. (2008). Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset. Kementerian Pertanian Republik Indonesia. (2018). Keputusan Menteri Pertanian Nomor 990 Tahun 2018. Jakarta.

Made, N., Erawati, Y., Suamba, K., Wayan, N., & Astiti, S. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Pupuk Organik Pada UD Darma Puri Farm di Desa Tangkas, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. 6(2).

Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanthi, P.R. (2017). Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal dalam Mencapai Tujuan Perusahaan (Studi Kasus STIE Galileo Batam). Jurnal Elektronik, 1(1).

Unit Pelayanan Terpadu Wilayah IV. (2020). Programa Kecamatan UPT Wilayah IV Tahun 2020. Sleman.

Published
2021-09-09