Article Details

Main Article Content

Junita Nambela
Apresus Sinaga

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengalisis faktor-faktor produksi yang mempengaruhi produksi padi sawah di Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survey. Teknik pengambilan sampel petani padi sawah dilakukan dengan memakai metode Purposive Random Sampling dan jumlah petani sebanyak 45 orang. Secara simultan penggunaan faktor produksi luas lahan, jumlah jumlah benih, jumlah pupuk dan lama berusahatani memberikan pengaruh yang sangat nyata. Berdasarkan nilai Koefisien determinan masing-masing, hanya faktor produksi lama bertani yang memberikan pengaruh yang tidak nyata, sedangkan faktor produksi luas lahan, jumlah jumlah benih, dan jumlah pupuk memberikan pengaruh yang sangat nyata. Nilai koofisien sebesar 3,014 menunjukkan bahwa meningkatnya Luas lahan sebesar 1 akan meningkatkan Produksi sebesar 3,014. Oleh karena itu, petani dapat lebih mengoptimalkan produksi melalui penambahan luas tambah tanam padi sawah. Selain ekstensifikasi, melakukan penanaman serentak juga sangat dianjurkan.

Keywords: Faktor Produksi Usahatani Padi Sawah
Ali, M., Hosir, A., dan Nurlina. 2017. Perbedaan Jumlah Bibit Per Lubang Tanam Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi. Gontor Agrotech Science Journal Vol. 3 No.1.
Andrias, A.A., Darusman, Y., dan Ramdan, M. 2017 Pengaruh Luas Lahan Terhadap Produksi dan Pendapatan Usaha Tani Padi Sawah (Suatu kasus di Desa Jelat Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh Volume 4 Nomor 1.
BPS Kabupaten Manokwari Selatan. 2018. Distrik Oransbari Dalam Angka 2018. Manokwari. CV Kreatifo.
BPS Kabupaten Manokwari Selatan. 2018. Kabupaten Manokwari Selatan Dalam Angka 2018. Manokwari. CV Kreatifo.
Jamalluddin. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi Varietas Unggul Lokal dan Varietas Hibrida Pada Padi Sawah Tadah Hujan di Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Dinamika Pertanian Volume 32 Nomor 1.
Kusuma, P.P. 2006. Skripsi Karakteristik Sosial Ekonomi Petani Bunga dan Hubungannya dengan Pendapatan. Fakultas Pertanian USU. Medan.
Marzuki, Murniati, dan Ardian. 2013. Pengaruh Jarak Tanam dan Dosis Pupuk Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Padi Sawah (Oryza sativa L.) Dengan Metode SRI. Fakultas Pertanian Universitas Riau.
Simangunsong, E.R.A., Harahap, E.M., Lubis A. 2018. Pengaruh Jumlah Bibit dan Modifikasi Sistem Tanam Jajar Legowo Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Padi Sawah (Oryza sativa L.) Di Desa Tanjung Mulia Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pertanian Tropik Vol. 5 No. 2.
Soekartawi. 1999. Agribisnis Teori dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Sugiartiningsih. 2012. Pengaruh Luas Lahan Terhadap Produksi Jagung di Indonesia Periode 1990-2006. Jurnal Ekono Insentif Kopwil 4 Volume 6 Nomor 1.
Sunge, R.D.S. 2014. Analisis FaktorFaktor Produksi Terhadap Produksi Usahatani Jagung di Provinsi Gorontalo. Skripsi. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Susilo, J., Ardian, Ariani, E. 2015. Pengaruh Jumlah Bibit Per Lubang Tanam dan Dosis Pupuk N, P, dan K Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Padi Sawah (Oryza sativa L.) Dengan Metode SRI. Jom Faperta Vol. 2 No. 1.
Zia, A.T. 2016. Analisis Efisiensi Produksi Padi dengan Metode Jajar Legowo pada SRI (System of Rice Intensification) di Nagari Situjuah Gadang Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Padang. Universitas Andalas.

Received: 30 Jan 2020; Available Online: 30 Jun 2019;