Article Details

Main Article Content

Sih Nugrahini Widiastuti
Yayan Suryana
Agung Prabowo

Kegiatan evaluasi terhadap tingkat kemampuan petani dalam pembuatan dan penggunaan kompos jerami padi dilaksanakan di kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) pada bulan Oktober 2016. Penentuan lokasi kecamatan menjadi sampel kegiatan dilakukan secara sengaja berdasarkan data dari Dinas Peternakan Ogan Komering Ilir, yaitu kecamatan yang memiliki kelompok ternak Kerbau Pampangan. Efektifitas Penyuluhan (EP) terhadap sikap/minat petani sebesar 54,8 % (efektif), Efektifitas Perubahan Prilaku (EPP) = 91,6 % ( sangat efektif ) serta tingkat perubahan kemampuan petani (Efektifitas Perubahan Perilaku) dalam pembuatan dan penggunaan kompos jerami padi sebelum dan sesudah pendampingan di Kabupaten Ogan Komering Ilir meningkat 84,54 % dan tergolong sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan petani.

Keywords: Kemampuan Petani Efektifitas Kompos OKI
Wiriaatmaja, Soekandar, 1977. Pokok Pokok Penyuluhan Pertanian, (CV. Yasaguna, Jakarta).
Manase Malo, 1986. Dalam Modul Methoda Penelitian Sosial dan Teknik Penulisan Ilmiah (Departemen Pertanian, Badan Pengembangan SDM dan Penyuluhan Pertanian, Pusat Pengembangan Petugas Pertanian, Jakarta).
Ginting, 1993. Pokok Pokok Pikiran Penerapan Methoda Penelitian Sosial dalam Program Kuliah Kerja Lapangan. Universitas Brawijaya, Malang.
Hussein, Rifai A, 1995. Dalam extensia Volume 2 Tahun II, Tugas Pokok dan Kualifikasi Penyuluhan Pertanian, (Pusat Penyuluhan Pertanian, Jakarta).
Departemen Pertanian,Pusat Penyuluhan Pertanian, 1997. Petunjuk Pembinaan Kelompok tani (Jakarta).
Padmanegara, Salmon, 2000. Dalam Modul Management Penyuluhan Pertanian, (Departemen Pertanian, Badan Pengembangan SDM dan Penyuluhan Pertanian, Pusat Pengembangan PetugasPertanian, Jakarta).

Received: 14 Feb 2020; Available Online: 30 Jun 2018;