Article Details

Main Article Content

Okti Widayati
Anton Bida Degey
Nurtania Sudarmi
Petrus Dominikus Sadsoeitoeboen

Latar belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan penyuluhan tentang Pengaruh Pemberian Pakan Komersial Terhadap Performa Babi Jantan Periode Starter. Pelaksanaan penyuluhan ini perlu dilakukan untuk menjawab permasalahan yang dihadapi oleh peternak khususnya peternak babi.


Metode: . Pelaksanaan penyuluhan ini dilakukan di Balai Kampung Sairo Distrik Manokwari Utara dengan menggunakan metode ceramah,diskusi dan demostrasi cara. Metode ini bertujuan untuk merangsang peternak agar bisa aktif bertanya selama kegiatan berlangsung, dengan menggunakan alat bantu yaitu folder untuk memperjelas materi yang disuluhkan. Untuk mengetahui tingkat pengetahuan dilakukan tes sebelum penyuluhan (tes awal/pre test) dan tes setelah penyuluhan (tes akhir/post test), dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Kriteria tingkat pengetahuan yang digunakan yaitu rendah (10 – 16,7), sedang (16,8 – 23,5) dan tinggi (23,6 – 30).


Hasil: Rata-rata nilai yang diperoleh responden pada test awal (pre test) yaitu 13,6 yang berada pada kriteria tingkat pengetahuan rendah, sedangkan rata-rata nilai yang diperoleh responden pada tes akhir (post test) yaitu 26,6 yang berada pada kriteria tingkat pengetahuan tinggi.


Kesimpulan: Setelah dilaksanakan penyuluhan dengan menerapkan rancangan penyuluhan yang telah disusun, dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan pengetahuan responden dari kriteria rendah menjadi kriteria tinggi.

Keywords: Evaluasi penyuluhan peternak babi tingkat pengetahuan

Anwarudin, O.,Aswandi, A.,& Wosiri, O. (2015). Meningkatkan mutu jerami padi dengan straw Mix sebagai pakan ternak sapi potong. Jurnal Triton, 6(1), 40-48.

Aritonang. (1996). Babi perencanaan dan pengolahan usaha. PT. Penerbang Swadaya Jakarta.

Dimyati. M dan Moedjianto. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Kartasapoetra, (1991). Teknologi pengairan Pertanian Irigasi, Badan Penerbit Bumi Aksara.

Lamarang, (2017). Peranan penyuluh terhadap pengambilan keputusan peternak dalam adopsi inovasi teknologi peternakan di Kecamatan Sangkub Kabupaten Bolaang Mongodow Utara. Zootec, 37(2), 496-507.

Mardikanto, Tatok. 1993. Penyuluhan Pembagunan Pertanian. Surakarta: UNS Press.

Prasetyo, H. (2012). Semakin Hoki dengan Beternak Babi Pedoman Penggemukan Babi. Secara Intensif. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Rasyaf, M. (2003). Beternak ayam pedading. Penerapan swadaya. Jakarta.

Rasyaf, M. (2012). Panduan Beternak Ayam Petelur. Penebar Swadaya. Jakarta

Setiyowati T, Fatchiya, A Amanah S. (2022). Pengaruh Karakteristik Individu Petani Terhadap Pengetahuan Inovasi Budidaya Cengkeh di Kabupaten Halmahera Timur. Jurnal Penyuluhan, 18 (2).

Sihombing, D. T. H. (1997). Ilmu Ternak Babi. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. Sihombing, D.T.H. 1997. Ilmu Ternak Babi. Fakultas Peternakan IPB, Bogor.

Sinaga, S., (2010). Kurkumin Dalam Pakan Babi Sebagai Pengganti Antibiotik Sintetis Untuk Perangsang Pertumbuhan. Disertasi, Program Pascasarjana, IPB. Bogor.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wheindrata, H.S. 2013. Cara Mudah Untung Besar Dari Beternak Babi. Andi Publisher. Yogyakarta. Hal 2,8, 11, 73-74, 127-129, 129-134.