Analisis Pengendalian Mutu Bahan Baku Susu Segar pada Koperasi Peternakan Sapi Perah XYZ


Abstract viewed : 1261 times,     PDF downloaded : 2212 times

  • Khoirul Hidayat Universitas Trunojoyo Madura
  • Dwi Nopvita Anggraeni Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: Pengendalian mutu, SNI, Susu

Abstract

Pengendalian mutu susu merupakan faktor penting agar mutu susu yang dihasilkan dapat meningkatkan harga susu dan terhindar dari kerusakan dan penyimpangan dari standar yang ditentukan. Susu sapi lebih mudah rusak dan terkontaminasi dibandingkan produk hewani lainnya. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis pengendalian mutu bahan baku susu segar pada Koperasi Peternakan Sapi Perah XYZ. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengendalian mutu bahan baku susu segar, karena pengujian dengan benar dan cepat sangat penting untuk dilakukan karena untuk menjaga kualitas susu agar layak konsumsi dan memenuhi standar. Analisis pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji alkohol, berat jenis, organoleptik, komposisi, MBRT, antibiotik, dan pemalsuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian mutu bahan baku susu segar dimulai dari penerimaan susu anggota koperasi di pos penampungan dengan dilakukannya beberapa pengujian yaitu uji orgaoleptik, uji alkohol, dan uji berat jenis. Susu anggota yang tidak lolos uji akan dikembalikan untuk diolah menjadi produk susu olahan. Susu anggota yang memenuhi syarat kemudian ditampung di tangki penampungan susu hingga suhu mencapai 4°C kemudian susu disetorkan ke penampungan pusat. Susu tersebut dilakukan pengujian lebih lanjut sebelum dikirim ke Industri Pengolahan Susu (IPS). Pengujian tersebut meliputi uji komposisi dengan alat lactoscan, uji pemalsuan, uji antibiotik, dan uji MBRT. Pengujian mutu dilakukan untuk mempertahankan kualitas bahan baku susu segar agar sesuai dengan standar mutu dari IPS serta untuk menentukan harga jual susu. Pengendalian mutu yang ditetapkan sudah sesuai dengan standar mutu SNI.

References

Anindita, N. S., & Soyi, D. S. (2017). Studi kasus: pengawasan kualitas pangan hewani melalui pengujian kualitas susu sapi yang beredar di kota Yogyakarta. Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science), 19(2), 96–105.

Asih, D. A. K. (2012). Proses Penanganan Susu dan Uji Kualitas Susu di Koperasi Andini Luhur Desa Jetak Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Jawa Tengah.

Efata, K. (2018). Penambahan Pakan dengan Daun Nanas dan Tanpa Daun Nanas Terhadap Kadar Protein dan Laktosa Susu Sapi Perah Peranakan FH (Friesian Holstein) Di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Wijaya Kusuma Surabaya University.

Faghih, S. H., Abadi, A. R., Hedayati, M., & Kimiagar, S. M. (2011). Comparison of the effects of cows’ milk, fortified soy milk, and calcium supplement on weight and fat loss in premenopausal overweight and obese women. Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases, 21(7), 499–503.

Hoffman, P., & Jorgensen, M. (2008). On-Farm Pasteurization of Milk On Calves. University of Wisconsin Dairy Update.

Ismiarti, I., & Sumarmono, J. (2023). Kualitas Susu Sapi Pasteurisasi dengan Penambahan Ekstrak Kayu Manis (Cinnamomum burmannii) pada Penyimpanan Dingin. Jurnal Triton, 14(1), 153-161.

Martoyo, P. Y., Hariyadi, R. D., & Rahayu, W. P. (2014). Kajian standar cemaran mikroba dalam pangan di Indonesia. Jurnal Standardisasi, 16(2), 113–124.

Meutia, N. (2016). Residu antibiotika dalam air susu segar yang berasal dari peternakan di wilayah Aceh Besar. Jurnal Ilmu Ternak Universitas Padjadjaran, 16(1).

Murti, R. Y., Septian, A. D., Rahardian, A., Purbowati, E., Lestari, C. M. S., Rianto, E., Arifin, M., & Purnomoadi, A. (2014). Korelasi antara ukuran-ukuran tubuh dengan bobot badan kambing Kacang jantan di Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan Dan Veteriner, 376–380.

Rozana, K., Wahyuni, D., & Iqbal, M. (2021). Kualitas Fisika Kimia Susu Sapi Di Kabupaten Jember Dan Pengembangannya Dalam Buku Non Teks. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 136–145.

Sigit, M., Putri, W. R., & Pratama, J. W. A. (2021). Perbandingan Kadar Lemak, Protein Dan Bahan Kering Tanpa Lemak (BKTL) Pada Susu Sapi Segar Di Kota Kediri Dan Kabupaten Kediri. Jurnal Ilmiah Fillia Cendekia, 6(1), 31–35.

Published
2023-09-28