Taniku.id: Pemanfaatan Website Pasar Tani untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani


Abstract viewed : 188 times,     PDF downloaded : 150 times

  • Fadilus Sufi Universitas Muria Kudus
  • Eva Hana Rosidah Universitas Muria Kudus
  • Cindy Elisa Putri Universitas Muria Kudus
  • Fazat Fairuzia Universitas Muria Kudus
  • Paulina Andrianto Universitas Muria Kudus
Keywords: Hasil panen, Pemasaran, Pertanian

Abstract

Pertanian merupakan salah satu sektor yang memiliki peran penting sebagai roda pergerakan ekonomi negara. Hasil panen komoditas pertanian tersebut membutuhkan media pemasaran yang dapat digunakan secara praktis seperti peran teknologi dan Informasi sangat dibutuhkan sebagai solusi permasalahan yaitu dengan merancang sistem Taniku.id pemasaran berbasis website multiuser yang dapat dimanfaatkan oleh petani untuk memasarkan hasil panen sesuai harga pasar dengan jangkauan wilayah pemasaran yang lebih luas dan ekonomis. Metode yang digunakan untuk merancang website mengenai cara pemasaran hasil panen pertanian adalah dengan menggunakan Research and Development (R&D) sebagai salah satu pengembangan interaktif dalam menyampaikan informasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu mampu mengatasi pemasaran berbasis website multiuser yang dapat dimanfaatkan oleh petani untuk memasarkan hasil panen sesuai harga pasar dengan jangkauan wilayah pemasaran yang lebih luas dan ekonomis. Semua informasi yang disajikan dalam website dibuat berdasarkan pada metode aktual dan diperkuat dengan empat fitur utama pada website ini yaitu Fitur beranda, edukasi, gabung dan pesan tentang hasil panen sehingga masyarakat dapat memasarkan produk dengan jangkauan wilayah yang lebih luas dan ekonomis. Aplikasi yang dikembangkan juga mendapat respon yang menarik dari masyarakat dengan hasil yang didapatkan 68,8% sangat puas dan 31,3% puas dengan fitur yang ada pada website.

References

Albdulrohim, U., Gunawan, H., & Herlambang, T. (2015). Aplikasi E-Commerce Penjualan Hasil Pertanian Tanaman Sayuran Berbasis Website Studi Kasus Di Balitsa Lembang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 4(2), 1–8.

Aldo, D., Richo, & Munir, Z. (2021). Aplikasi Pelayanan Pada Klinik Kemina Dental Care Berbasis React.Js Dan Database NoSQL. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer. 16(2), pp. 139–147.

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal Resti (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131-136.

Ardelia, R., & Anwarudin, O. (2020). Akses teknologi informasi melalui media elektronik pada petani KRPL. Jurnal Triton, 11(1), 24-36.

Awali, H. (2020). Urgensi pemanfaatan e-marketing pada keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di tengah dampak Covid-19. Balanca: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1-14.

Delima, R., & Purwadi, J. (2015). Agroinformatika Analisis Situs Web Pertanian Berbahasa Indonesia. Agroinformatika Analisis Situs Web Pertanian Berbahasa Indonesia, 1–5.

Jabat, D. E. B., Tarigan, L. L., Purba, M., & Purba, M. (2022). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace sebagai Upaya Peningkatan Penjualan. Skylandsea Profesional Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 2(2), 16-21.

Lavarino, D., & Yustanti, W. (2016). Rancang bangun e–voting berbasis website di universitas negeri Surabaya. Jurnal Manajemen Informatika, 6(1), 72-81.

Marisa, F. (2016). Web Programming (Client Side and Server Side). Yogyakarta: Deepublish.

Olivya, M., & Ilham, I. (2017). Sistem Informasi Pemasaran Hasil Pertanian Berbasis Android. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(1), 60-69.

Rendyana, B. K. (2017). Analisis Konflik SDA antara Masyarakat dengan Pengusaha Air (Studi Kasus Konflik Sumberdaya Air Desa Kajar Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus) (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Science).

Sengkey, R. (2017). IbM Pemanfaatan E-Commerce Dalam. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 6(3), 111–115

Todor, R. D. (2016). Blending traditional and digital marketing. Bulletin of the Transilvania University of Brasov, Series I: Engineering Sciences, 9(1), 51-6.

Utami, D. P. (2020). Pengenalan digital marketing dalam pemasaran produk pertanian untuk petani milenial Desa Wonotulus Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. In Prosiding Seminar Nasional Pertanian, 1 (1), pp. 25-32.

Yuliriyanto, R. M., Hadi, T. S., & Widyasamratri, H. (2021). Identifikasi Ketersediaan dan Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau di Kecamatan Kota Kudus. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 18(1), 53-57.

Yuantari, M. G. C., & Kurniadi, A. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Pemasaran Hasil Pertanian Di Desa Curut Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Techno. Com, 15(1), 43– 47.

Published
2023-09-28