Motivasi Peternak Ayam Petelur menjadi Anggota Asosiasi Kerukunan Peternak Ayam Petelur (ASPATER) Manokwari


Abstract viewed : 210 times,     PDF downloaded : 169 times

  • Arnita Lamani Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari
  • Maria Herawati Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari
  • Bangkit Lutfiaji Syaefullah Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari
Keywords: Asosiasi, Ayam petelur, Ekstrinsik, Intrinsik, Motivasi

Abstract

Asosiasi Kerukunan peternak ayam petelur Manokwari (ASPATER) baru dibentuk pada tahun 2020. Asosiasi ini merupakan lembaga untuk para peternak ayam petelur yang digunakan sebagai wadah berhimpun untuk membantu mengembangkan usaha serta menyelesaikan masalah yang ada di peternak ayam petelur, adanya asosiasi bisa memperkuat kinerja usaha peternakan ayam petelur sehingga merasakan manfaat dari adanya asosiasi ini. Tujuan penelitian ini  Untuk mengetahui motivasi peternak ayam petelur menjadi anggota Asosiasi Kerukunan Peternak Ayam Petelur (ASPATER) Manokwari. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan analisis data menggunakan skala likert. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode pengambilan populasi dan sampel dilaksanakan dengan menggunakan sampel sebanyak 20 peternak ayam petelur anggota aspater dari 39 peternak ayam petelur anggota aspater. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berupa  Purposive sampling. Kreteria yang dipilih oleh penelitian ini adalah  anggota yang masih aktif  memelihara ayam petelur. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi intrinsik memiliki kategori tinggi dengan skor 77%, sedangkan pada motivasi ekstrinsik memiliki kategori sangat tinggi dengan skor 81,44%. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi ekstrinsik lebih mempengaruhi peternak ayam petelur untuk bergabung didalam asosiasi kerukunan peternak ayam petelur. Sehingga peternak dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha ternak ayam petelur.

References

Abdi, M., Suhartina, S., Said, N. S., & Ali, N. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Keberadaan Peternakan Ayam Ras Petelur Di Dusun Passau Timur Desa Bukit Samang Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. AGROVITAL: Jurnal Ilmu Pertanian, Vol.3 No.1. Hal. 18-22.

BPS Papua Barat. (2022). Provinsi Papua Barat dalam Angka 2022. Manokwari, BPS Provinsi Papua Barat.

Hidayanti, N., Cepriadi, C., & Sayamar, E. (2015). Motivasi petani Kakao Bergabung dalam Kelompok Tani di Kelurahan Kapalo Kotokecamatan Payakumba Selatan (studi Kasus Kelompok Tani Tanjung subur) (Disertasi Doktor, Universitas Riau). Vol. 2 No.2.

Naif, G. A., Nubatonis, A., Pramita, D. A., & Sipayung, B. P. (2022). Analisis Tingkat Pertumbuhan Pasar dan Pangsa Pasar Relatif Usahatani Buah Naga di Kecamatan Insana. In Prosiding Seminar Nasional Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian (Vol. 3, No. 1, pp. 102-117).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods). Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Published
2023-09-27