Preferensi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Olahan Buah di Food Delivery E-Commerce Kota Medan
Abstract viewed : 989 times, PDF downloaded : 968 times
Abstract
Di Indonesia, telah terjadi pergeseran kuat pada perilaku konsumen yang sebelumnya berbelanja langsung kini beralih belanja secara digital dikarenakan Perubahan Gaya Hidup yang lebih praktis. Tujuan Penelitian untuk mengetahui Pengaruh kualitas, harga, jarak, dan rasa terhadap Keputusan pembelian salad buah melalui Food Delivery E-Commerce. Lokasi penelitian di Nayo Salad Kecamatan Medan Area, Kota Medan. Dengan Metode Kuantitatif, Populasi konsumen nayo salad yang berbelanja menggunakan Food Delivery grabfood, gofood dan shopeefood. Sampel penelitian ini berjumlah 120 orang, Teknik pengambilan sampel digunakan Stratified Sampling dengan Metode analisis data: (1) Regresi linier berganda, (2) Uji Hipotesis ;Uji Bersama-sama dan parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 2 variabel yang berpengaruh positif dan signifkan terhadap keputusan pembelian salad buah melalui E-commerce seperti: Rasa dan Harga sementara itu 2 variabel lagi seperti kualitas produk dan jarak tidak berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian salad buah melalui Food Delivery e-commerce Kota Medan.
References
Ahmadi, C., & Dadang H. (2013). E-Business & E-Commerce: Dasar E-Commerce: Penerbit Andi.
Anonim. (2019). Badan Pusat Statistik Kota Medan dalam Angka 2019. Medan (ID): BPS Kota Medan.
Anonim. (2019). Badan Pusat Statistik(BPS) diakses dari http://www.bps.go.id, diakses pada tanggal 2 Februari 2023 pada pukul 10.00 WIB
Anonim. (2023). Variabel Dominan:https://mjurnal.com/skripsi/menentukan-variabel-paling-dominan. Diakses pada tanggal 02 Februari 2023 pukul 10.00 WIB
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta
Arisandi, T. (2018). “Efetivitas Penerapan E-commerce dalam
Pengembangan Usaha Kecil Menengah di Sentra Industri Sandal dan
Sepatu Wedoko Kabupaten Siduarjo”,Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan
Politik,Universiitas Airlangga, Vol.8 No.1.
Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyususna Skripsi. Rineka Cipta. Jakarta, hlm.104.
Hasan, A. (2013). Marketing. Yogyakarta :CAPS (Center for Academic Publishing Service)
Jayani, D. H. (2021). Nilai Transaksi E-Commerce Mencapai Rp 266,3 Triliun
pada 2020. Diambil kembali dari databoks.katadata.co.id:
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/29/nilai-transaksi-
ecommerce-mencapai-rp-2663-triliun-pada-2020[ 29Januari2021].
Miftah, M. S., Riyadi, S., & Heru. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Volume 29, p. 1.
Mc Kinsey & Company. (2020). How Covid-19 is Changing Consumer Behaviornow
and Forever. USA
Tayibnapis, A. Z., E.Wuryaningsih, L. & Gora, R. (2018). The Development of Digital Economy in Indonesia. International Journal of Management & Business Studies, 8(3), p. 17.
Triatmojo, A., Muzayyanah, M. A. U., & Qui, N. H. (2023). Pengaruh Sosiodemografi terhadap Persepsi Harga Konsumen pada Merek Produk Olahan Daging Hasil Peternakan. Jurnal Triton, 14(1), 263-275.
Wuryasti, Fetry. (2020). E-Commerce Panen Dimasa Pandemi Covid-19. Sumber: https://mediaindonesia.com/ekonomi/341479/e-commercepanen-di-masa-pandemi [2 September 2022].