Analisis Produksi Usahatani Padi Sawah di Desa Bente, Kecamatan Kabawo, Kabupaten Muna


Abstract viewed : 547 times,     PDF downloaded : 759 times

  • La Sinaini Pusat Riset Koperasi, Korporasi, dan Ekonomi Kerakyataan, BRIN
  • Salma Salma Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Wuna Raha
  • Alimin Alimin Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Wuna Raha
Keywords: Faktor produksi, Padi sawah, Produksi

Abstract

Padi sawah merupakan tanaman pangan yang menempati posisi pertama kebutuhan pangan pokok di Indonesia. Kebutuhan pangan pokok beras terus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Kabupaten Muna memiliki potensi untuk pengembangan padi sawah dalam pemenuhan kebuhan beras di Kabupaten Muna. Tujuan penelitian adalah untuk menganaslisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi sawah di Desa Bente, Kecamatan Kabawo, Kabupaten Muna. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Bulan September Tahun 2020. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil secara cross section. Responden penelitian yaitu petani padi sawah yang berusahatani padi sawah pada musim tanam Tahun 2020. Metode pengambilan data dilakukan secara sensus. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive (sengaja) yaitu Desa Bente, Kecamatan Kabawo, Kabupaten Muna dengan pertimbangan lokasi penelitian merupakan salah satu sentra produksi tanaman padi sawah di Kecamatan Kabawo Kabupaten Muna. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis fungsi produksi Cobb-Douglass, dengan menggunakan alat bantu softwere SPSS versi 16. Hasil Penelitian menunjukkan secara simultan faktor luas lahan, tenaga kerja, benih, pupuk urea, dan pupuk NPK Phonska berpengaruh signifikan terhadap produksi padi sawah di Desa Bente, Kecamatan Kabawo, Kabupaten Muna, sedangkan secara parsial luas lahan dan benih tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi padi sawah di Desa Bente, Kecamatan Kabawo, Kabupaten Muna. Usaha tani padi sawah perlu dilakukan pengolahan lahan yang baik, pemberian pupuk urea dan pupuk NPK Phonska secara berimbang.

References

BPS Kabupaten Muna (2020). Muna Dalam Angka. https://munakab.bps.go.id/publication/2020/04/27/b97bd3328ded040baa6c5408/kabupaten-muna-dalam-angka-2020.html. Diakses 15 Oktober 2020.

Darwanto. (2010). Analisis Efisiensi Usahatani Padi Di Jawa Tengah (Penerapan Analisis Frontier). Jurnal Organisasi dan Manajemen, 6(1), 46-57.

De Araujo, M., & Nubatonis, A. (2016). Analisis Produksi dan Pemasaran Usahatani Padi Sawah di Desa Tualene Kecamatan Biboki Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Agrimor, 1(03), 55-56.

Junaidi, J., Zamzami, Z., & Achmad, E. (2014). Analisis produksi, distribusi pendapatan petani dan dampak program optimalisasi lahan terhadap produksi padi sawah di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 2(1), 51-61.

Lailiyah, N., Timisela, N. R., & Kaplale, R. (2018). Analisis produksi padi sawah (Oryza sativa L) tadah hujan di Desa Lea Wai Kecamatan Seram Utara Timur Kobi. Agrilan: Jurnal Agribisnis Kepulauan, 5(2), 151-165.

Mafor, K. I., Laoh, E. O., Dumais, J. N., & Lolowang, T. F. (2015, February). Analisis Faktor Produksi Padi Sawah di Desa Tompasobaru Dua Kecamatan Tompasobaru. In Cocos, 6(2).

Mahmud, H., Sangadji, S. S., & Suhardi, S. (2021). Analisis produksi, konsumsi dan pemasaran usahatani padi di desa lembah asri kecamatan weda selatan kabupaten halmahera tengah. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(1), 194-201.

Onibala, A. G., & Sondakh, M. L. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi sawah di Kelurahan Koya, Kecamatan Tondano Selatan. Agri-Sosioekonomi, 13(2A), 237-242.

Pongoh, D. 2014. Efisiensi Penggunaan Faktor Produksi Pada Usahatani Padi Sawah di Kelurahan Tondangow Kecamatan Tomohon Selatan. UNSRAT. Manado

Rumintjap, V., & Muis, A. (2014). Analisis Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah di Desa Pandere Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah (Doctoral dissertation, Tadulako University).

Sinaini, L. (2012). Pegaruh Luas Lahan Garapan, Benih, Pupuk, dan Tenaga Kerja, terhadap Produksi Padi Sawah di Kabupaten Muna. Jurnal Mega Aktiva, 10(10).

Sinaini, L. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Jagung di Kabupaten Muna. Jurnal Sosio Agribisnis. 1(1), 47-57.

Sinaini, L. (2020). Analisis Produksi Jagung Kuning di Desa Bahutara, Kecamatan Kontukowuna, Kabupaten Muna. In Prosiding Seminar Nasional Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian, 1(1), 130-140.

Soekartawi, (1991). Agribisnis Teori dan Aplikasinya. CV. Rajawali Perss, Jakarta.

Srirande. (2012). Pertumbuhan Provinsi Agraris. Kencana, Jakarta.

Yasa, I. N. A., & Hadayani, H. (2017). Analisis Produksi Dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Di Desa Bonemarawa Kecamatan Riopakava Kabupaten Donggala. AGROTEKBIS: E-JURNAL ILMU PERTANIAN, 5(1), 111-118.

Published
2022-09-11