Analisis Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Karyawan Pemanen dan Tingkat Kesejahteraan Keluarga Pemanen di PT. Perkebunan Nusantara III Kebun Rambutan, Kabupaten Serdang Bedagai


Abstract viewed : 568 times,     PDF downloaded : 829 times

  • Daniel Roy Yanto Pasaribu Universitas HKBP Nomensen Medan
  • Rodame Ria Sinaga Universitas HKBP Nomensen Medan
  • Lusina Agustina Panjaitan Universitas HKBP Nomensen Medan
  • Johannes P. Sarusuk Universitas HKBP Nomensen Medan
  • Eva Juita Lumban Gaol Universitas HKBP Nomensen Medan
  • Hotden Leonardo Nainggolan Universitas HKBP Nomensen Medan
Keywords: Kelapa sawit, Kesejahteraan, Tenaga kerja, Tenaga kerja pemanenan

Abstract

Perkebunan kelapa sawit merupakan penghasil Cruid Palm Oil (CPO) terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu primadona tanaman perkebunan yang menghasilkan devisa non-migas bagi Indonesia. Penelitian ini dilakukan di PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Kebun Rambutan, Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas karyawan pemanen dan tingkat kesejahteraan keluarga pemanen di PT. Perkebunan Nusantara III Kebun Rambutan Kabupaten Serdang Bedagai. Sampel dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 36 orang secara sengaja. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui pengamatan dan wawancara secara langsung dengan responden. Sementara itu data sekunder diperoleh dari PT. Perkebunan Nusantara III, dan publikasi resmi lainnya. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan; a) Rata-rata produktivitas karyawan pemanen kelapa sawit di PTPN Kebun Rambutan adalah 24.752 (HK/Kg/bulan); b) Tingkat kesejahteraan keluarga pemanen di PTPN III Kebun, dikategorikan baik, dengan 91,3% dengan tingkat kesejahteraan yang tinggi, dan dengan tingkat kesejahteraan sedang adalah 3,3%; c) Rata-rata premi yang diperoleh karyawan pemanen adalah Rp2.383.572/bulan dan berpengaruh positif terhadap produktivitas tenaga kerja pemanen. Berdasarkan kesimpulan maka disarankan; a) agar karyawan pemanen selalu meningkatkan keterampilannya agar produktivitas hasil panennya selalu meningkat; b) agar perusahaan meningkatkan premi agar karyawan pemanen termotivasi untuk selalu meningkatkan produktivitasnya.

References

Ariawan, Y. Analisis tingkat kesejahteraan rumah tangga nelayan buruh pancing ulur di kecamatan Pelabuhan ratu kabupaten sukabumi provinsi jawa barat. Skripsi. Universitas padjajaran.

Badan Pusat Statistik (BPS) (2021). Indikator Tingkat Kesejahteraan Keluarga Tahun 2015.

Ditjenbun. 2019. Pertumbuhan areal kelapa sawit meningkat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 724-732.

Fila, F. 2020. kesejahteraan petani sawit di desa sassa kecamatan baebunta kabupaten luwu utara. skripsi. Universitas Cokroaminoto Palopo.

Lubis, F. A. F. 2020. Analisis sistem premi panen kelapa sawit terhadap kinerja dan kepuasan kerja karyawan. Skripsi. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Medan Area.

Maria, S. (2012). Faktor pendorong peningkatan produktifitas tenaga kerja wanita sektor industri, perdagangan dan jasa di Kalimantan Timur. Forum Ekonomi, 15(2);55-68.

Munandar, Ashar S. (2014). Psikologi Industri dan Organisasi. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press). Jakarta.

Ngadi, Mita Noveria. (2015). Keberlanjutan Perkebunan Kelapa Sawit di Indonesia Dan Prospek Pengembangan Di Kawasan Perbatasan. Masyarakat Indonesia 43(1).

Nurhidayandi, Deni dan Suryalena (2017) Pengaruh Pelaksanaa Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) terhadap Kepuasan Kerja Perawat (Studi Kasus Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru). JOM FISIP, 4(1), 1-10.

Setyawati, A. N., & Soedarmadi, S. (2021). analisis pengaruh keselamatan kerja dan kesehatan kerja terhadap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening (Studi pada Karyawan PT. Java Prima Abadi Semarang). Solusi, 19(2), 112–127.

Sipayung. T., & Purba, J. H. V. (2015). Ekonomi agribisnis minyak sawit. Bogor: Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute.

Wartono, Tri. (2017). Pengaruh Stres Kerja Terhadap kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 4(2).

Published
2022-09-11