Analisis Tingkat Kepuasan Pembelian Ayam Organik di Provinsi Lampung
Abstract viewed : 1016 times, PDF downloaded : 736 times
Abstract
Ayam Organik adalah ayam broiler yang dipelihara secara organik dengan menggunakan organik dan herbal jamu sebagai tambahan pakan dan antibiotik. Pertimbangan pembelian ayam organik antara lain kepercayaan konsumen, kandungan atribut, dan manfaat produk. Kajian ini bertujuan mengetahui karakteristik konsumen dalam pembelian daging ayam organik, menganalisis tingkat kepuasan konsumen, serta menentukan tingkat kepentingan terhadap atribut produk ayam organik di Provinsi Lampung. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, analisis validitas dan reliabilitas, analisis multiatribut fishbein, dan analisis matriks IPA (Importance Performance Analysis). Hasil analisis menyimpulkan bahwa konsumen didominasi oleh perempuan dengan usia 36-50 tahun, berpendidikan terakhir S1 dengan pendapatan per bulan sebesar Rp2.500.000,00–Rp5.000.000,00, jumlah anggota keluarga 4-6 orang. Hasil analisis multiatribut fishbein yaitu atribut manfaat ayam organik mendapatkan skor sikap tertinggi (Ao) sebesar 11,91, tingkat kepuasan konsumen pada analisis Important Performance Analysis (IPA) atribut yang penting adalah pada kuadran II yaitu kebersihan ayam organik dan manfaat ayam organik.
References
Agustia, E. (2018). Sikap dan Kepuasan Konsumen Terhadap Konsumsi Ayam Probio di Kota Metro dan Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 8(3), 418-422.
Anggiasari. (2016). Sikap dan Pengambilan Keputusanpembelian Sayuran Organik Oleh Konsumen di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 4(4), 391-397.
Apriyani, M., & Saty, F. M. (2013). The influence of Internal Factors of Consumers towards Buying Decision of Organic Vegetables. Jurnal Ilmiah ESAI, 7(3), 193-202.
Bangun Y. F., Indriani Y, & Soelaiman A. (2016). Sikap Dan Kepuasan Konsumen Rumah Makan Ayam Penyet Hang Dihi Di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 4(3).
Burhanudin, A. (2011). Analisis Perilaku Konsumen pada Pembelian Daging Ayam Ras (Broiler Chicken) di Pasar Traditional dan Pasar Modern Kota Jember.
Hardiyanti, F., Saty, F. M., & Unteawati, B. (2022). Analisis Keputusan Konsumen dalam Pembelian Sayuran Organik di Lampung. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 6(1), 209-217.
Dwipuspa, S. (2016) Proses Keputusan Pembelian Daging Ayam Ras dan Implikasinya Terhadap Bauran Pemasaran. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Febrita. (2017). Analisis Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Beras Organik (Studi Kasus : Gelael Signature di Kota Makassar) Rr Chyntia Ramadhani Febrita Program Studi Agribisnis.
Khorniawati, M. (2014). Produk pertanian organik di Indonesia: Tinjauan atas preferensi konsumen Indonesia terhadap produk pertanian organik lokal. Competence: Journal of Management Studies, 8(2).
Kurniullah, Ardhariksa, Z., Revida, E., Hasan, M., Tjiptadi, Diena, D., Hisarma, S., Rahayu, Puspita, P., Prijanto, Jossapat, H., Krisnawati, A., Sugiarto, M., Malinda, O., Anwarudin, O., Gandasari, D., & Hidayatulloh, A, N. (2021). Metode Penelitian Sosial. Yayasan Kita Menulis.
Lemeshow, S. (1997). Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Lubis, M. I. (2017). Persepsi Konsumen Terhadap Niat Beli Produk Makanan Organik di Bandar Lampung.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sunarya, Abidin, Z & Kalsum, U. (2016). Analisis Finansial Usaha Ternak Ayam Probiotik : Studi Kasus KPA Berkat Usaha Bersama, Kota Metro. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis, 4(1).