Analisis Tingkat Pertumbuhan Pasar dan Pangsa Pasar Relatif Usahatani Buah Naga di Kecamatan Insana


Abstract viewed : 1139 times,     PDF downloaded : 2252 times

  • Genoveva Afoan Naif Universitas Timor
  • Agustinus Nubatonis Universitas Timor
  • Dira Asri Pramita Universitas Timor
  • Boanerges Putra Sipayung Universitas Timor
Keywords: Matriks BCG, Pangsa pasar relatif, Tingkat pertumbuhan pasar

Abstract

Buah naga merupakan salah satu komoditas yang saat ini prospeknya sedang meningkat di pasaran. Semakin meningkatnya permintaan dan konsumsi buah naga menyebabkan diperlukan cara agar produktivitas di beberapa sentra produksi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif buah naga di Kecamatan Insana. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tengara Timur pada bulan Oktober - September 2021. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dan pengambilan sampel menggunakan metode Simple Random sampling sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini berupa data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Matriks Boston Consulting Group. Hasil penelitian berdasarkan Perhitungan matriks BCG diketahui tingkat pertumbuhan pasar tahun 2019 tingkat pertumbuhan pasar buah naga sebesar 15,53% dan pangsa pasar relatif sebesar 0,74 kali dan pada tahun 2020 tingkat pertumbuhan pasar sebesar 11,93% dan pangsa pasar relatif sebesar 0,82 kali. Maka dapat diketahui buah naga berada pada posisi kuadran I (Question Mark) yang berarti bahwa buah naga menghadapi tingkat pertumnuhan pasar yang tinggi dan pangsa pasar relative yang rendah. Penelitian ini juga terdapat 5 strategi pemasaran yaitu: sosialisasi pemasaran, meningkatkan kualitas produk, harga, promosi, tempat/lokasi dan ukuran pasar.

References

Devara, R. (2017). Strategi pemasaran Wingman Denim di Bandar Lampung dengan Matriks Boston Consulting Group (BCG). GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 9(2), 101-107.

Heryanto, I. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian serta implikasinya pada kepuasan pelanggan. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship (e-Journal), 9(2).

Joka, U., Maulana, A. S., Mambur, Y. P., Manek, S. S., & Bukifan, M. (2021). Pemberdayaan dan Optimalisasi Potensi Wisata Alam Bagi Pengelola Wisata di Desa Ajaobaki berbasis Promosi Media Sosial. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian (Vol. 4, No. 1, pp. 29-36).

Makabori, Y. Y., & Tapi, T. (2019). Generasi muda dan pekerjaan di sektor pertanian: faktor persepsi dan minat (studi kasus mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari). Jurnal Triton, 10(2), 1-20.

Miftah, A. (2015). Mengenal Marketing dan Marketers Syariah. Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2).

Muhammad, M. (2018). Analisis SWOT sebagai strategi pengembangan usahatani buah naga merah (Hylocereus costaricensis) kecamatan Wasile Timur kabupaten Halmahera Timur. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 11(1), 28-37.

Nurhalimah, S. (2021). Pengaruh Kebijakan Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Pada Indogrosir Ciputat. HUMANS, 1(2), 873–884.

Putra, W. A., & Hin, L. L. (2019). Penerapan e-commerce untuk memperluas jangkauan pasar pada toko batik marissa dengan menggunakan metode business model canvas. IDEALIS, 2(6), 286–292.

Putra, Y. S. (2014). Analisis matriks Boston Consulting Grup (BCG) pada sepeda motor merek Honda (Studi Kasus pada PT. Astra Honda Motor tahun 2013). UIN Maulana Malik Ibrahim, 39(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.1016/j.biochi.2015.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif, edisi pertama, cet. 1th, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Riswandi, R., Prakoso, S., & Fauziah, N. (2017). Suatu tinjauan strategi pemasaran melalui pendekatan BCG (Boston Consulting Group) studi kasus pada PT. Unilever Tbk. Jurnal Ekonomak, 3(1), 75-92.

Saad, M., Anam, M. K., & Savita, D. O. (2020). Strategi Pemasaran Usaha Pembekuan Ikan Laut Dengan Metode Matriks BCG dan SWOT Di CV. JIOEN FISHERY Di Desa Wedung , Kecamatan Brondong , Kabupaten Lamongan Marketing Strategy of Sea Fish Freezing Using BCG and SWOT Matrix Methods in CV. Jioen Fishery . 11(2), 18–26.

Safitri, S. E., & Wartapa, A. (2021, September). Strategi Pengembangan Pemasaran Usaha Perbenihan Padi Gapoktan Pandowo Mulyo Kelurahan Pandowoharjo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman. In Prosiding Seminar Nasional Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian (Vol. 2, No. 1, pp. 83-93).

Saragih, H. (2015). Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Nutricia Indonsesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 1(2), 197048.

Subhan, A., & Peratiwi, M. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Produk Dengan Metode Analisis Matrik Bcg, Swot Dan Benchmarking Pada Perusahaan Rubby Hijab. Journal Industrial Servicess, 3(1c).

Sutrisno, & Fifi Agustina. (n.d.). Analisis Posisi Perusahaan Berdasarkan Laju Pertumbuhan Pasar Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Sari Buah Apel Merek Dewata (Studi Kasus Pada Cv. Segar Buah Hutama Di Kota Batu). (Doctoral Dissertation, Universitas Brawijaya).

Wijaya, T., & Maghfiroh, A. (2018). Strategi Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Daya Saing Produksi (Studi Pada Tape “Wangi Prima Rasa” Di Binakal Bondowoso). Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2(1), 86–97. https://doi.org/10.33650/profit.v2i1.563

Zaidah, A., & Haq, B. N. (2020). Analisis Boston Consulting Group Pada Produk Busana Muslim UMKM Azqila Hijrah. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 3(3),

Published
2022-09-11