Kajian Kelayakan Ekonomi Usaha Pertanian Perkotaan di Kota Makassar


Abstract viewed : 828 times,     PDF downloaded : 563 times

  • Nurhanis Abdullah Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Hasan Universitas Negeri Makassar
  • Citra Ayni Kamaruddin Universitas Negeri Makassar
  • Nurdiana Nurdiana Universitas Negeri Makassar
  • Nurjannah Nurjannah Universitas Negeri Makassar
Keywords: Analisis, Aspek, Keuangan, Pemasaran, Produksi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kelayakan ekonomi usaha pertanian perkotaan dari segi aspek-aspek ekonomi yakni aspek produksi, aspek pasar dan pemasaran serta aspek keuangan atau aspek finansial. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitiatif digunakan dalam analisis aspek produksi dan aspek pasar dan pemasaran. Sedangkan untuk data kuantitatif akan digunakan dalam analisis aspek finansial atau keuangan. Alat analisis dalam aspek finansial yang akan peneliti gunakan yakni Payback Period (PP) dan Net Present Value (NPV). Untuk mengtahui kelayakan usaha dari KWT Anggrek ini maka diperlukan menganalisis aspek produksi, aspek pemasaran dan aspek keuangan. Ketiga aspek tersebut merupakan bagaian dari analisis kelayakan bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek produksi memang dapat dikatakan layak dikarenakan lokasi yang strategis sehingga memberikan manfaat secara ekologi dan lokasinya yang mudah dijangkau oleh para konsumen dan para pekerja, adapun teknologinya yang sudah dikatakan sangat mendukung dalam proses produksi serta proses produksinya yang mudah. Aspek pemasaran pada KWT Anggrek ini juga dapat dikatakan layak dikarenakan pihak KWT Anggrek dapat menjaga kualitas produk, dapat dengan mudah melakukan promosi dengan pihak luar serta harga yang sangat terjangkau dan distribusi produknya juga cukup layak dikarenakan memberikan kemudahan untuk memperoleh dan promosinya juga sudah cukup untuk memberikan pengenalan pada calon konsumennya. Pada aspek keuangan terdapat beberapa hasil yang diperoleh pada analisis Net Present Value hasil yang diperoleh yakni -8.005.133 dimana hasil ini menunjukkan bahwa KWT Anggrek belum layak untuk dilanjutkan. Pada analisis Payback Periode dimana menunjukkan hasil 3,52.

References

Alma, B. (2006). Pengantar Bisnis, Alfabeto: Bandung

Budiyanto, T. (2016). Startegi Promosi, Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Minat Mereferensikan Rumah Pada Puri Camar Liwas PT Camar apta Ganda. Jurnal Berkala Ilmiah Efesiensi, 16(4), 4888-500

Danang, Sunyoto. (2014). Studi Kelayakan Bisnis. CAPS (Center of Academic Publishing Service): Yogyakarta

Peter, J. P., Donnelly, Jr. (2009). Marketing Management: Knowledge and Skills: 9th edition. Mc. Graw-Hill: New York.

Fauzi, A. R., Ichniarsyah, A. N., & Agustin, H. (2016). Pertanian Perkotaan: Urgensi, Pernanan dan Praktik Terbaik. Jurnal Agroteknologi, 10(01), 49–62.

Hermawan, I. (2012). Analisis Eksistensi Sektor Pertanian terhadap Pengurangan Kemiskinan di Pedesaan dan Perkotaan. MIMBAR, Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 28(2), 135. https://doi.org/10.29313/mimbar.v28i2.348

Jumingan. (2011). Studi Kelayakan Bisnis Teori dan Pembuatan Proposal Kelayakan, PT Bumi Aksara: Jakarta.

Juliasty, S. (2009). Cerdas Mendapatkan dan Mengelola Modal Usaha, PT Balai Pustaka (Persero): Jakarta

Jimmy, H., Jim, J., & Ij, L. (2009). Greening Cities, Growing Communities: Learning From Seattle’s Urban Community Gardens. WA . University Of Washington.

Kadir, A. (2010). Hukum Bisnis Syariah dalam Al-Qur'an. Amzah: Jakarta

Kasmir, S. E. (2015). Studi Kelayakan Bisnis: Edisi Revisi. Prenada Media: Jakarta

Kasmir. Jakfar. (2012). Studi Kelayakan Bisnis, Fajar Interpratama Offset: Jakarta

Kilmanun. J. C. (2018). Sistem Pemasaran Sayuran HidroponikDi Kalimantan Barat. Jurnal Pertanian Agros. 20(2), 147-153

Kotler, P., Keller, K. L. (2009). Marketing Management, 13th edition. Pearson Prentice Hall: USA

Malaka, M. (2014). Praktek monopoli persaingan usaha. Jurnal Al-'Adl. 7(2), 39-52

Mulyadi, M. (2013). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Mubyarto. (1977). Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3S: Medan

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia Dalam Prespektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 2(1), 33-47

Nurmalina, R., Sarianti, T., & Karyadi, A. (2018). Studi Kelayakan Bisnis. PT Penerbit. IPB Press

Pabundu, M. T. (2006). Metodologi Riset Bisnis. PT Bumi Aksara: Jakarta

Rahmadani, S., & Makmur. (2019). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada Pengembangan UMKM Usaha Tahu Dan Tempe Karya Mandiri Ditinjau Dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran, dan Aspek Keuangan. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 76–83.

Ramelan, R. (1998). Merancang dan Memelihara Jaringan Distribusi Barang Yang Tangguh dan Efisien di Indonesia. NetSeminar 1-5 September 1998.

Rizki, M. I., Mustafa, A. K., Hezak, E. T. M., & Utami, P. A. (2021, September). Strategi Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemasaran Digital oleh Petani Porang di Kabupaten Wonogiri Masa Pandemi COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional Pembangunan dan Pendidikan Vokasi Pertanian (Vol. 2, No. 1, pp. 13-21).

Sadono, D. (2008). Pemberdayaan Petani: Paradigma Baru Penyuluhan Pertanian di Indonesia. Jurnal Penyuluhan, 4(1). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v4i1.2170

Santoso, E. B., & Ratna Widya, R. (2014). Gerakan Pertanian Perkotaan Dalam Mendukung Kemandirian Masyarakat Di Kota Surabaya. Seminar Nasional Cities, 16(November), 11. https://www.researchgate.net/profile/Eko_Santoso5/publication/327656716_Gerakan_Pertanian_Perkotaan_Dalam_Mendukung_Kemandirian_Masyarakat_Di_Kota_Surabaya/links/5b9c3c6fa6fdccd3cb57a0ff/Gerakan-Pertanian-Perkotaan-Dalam-Mendukung-Kemandirian-Masyarakat-D

Sinaga. (2013). Studi Kelayakan Investasi Pada Proyek & Bisnis Dalam Prespektif Iklim Investasi Perekonomian Global. Mitra Wacana Media.

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online. HIRARKI Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (HJIMB), 02(01), 71–75. http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0APERKEMBANGAN

Soekarwati. (1990). Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Co-Douglas. Rajawali Press: Jakarta

Sudarmo, A. P. (2018). Pemanfaatan Pertanian Secara Hidroponik Untuk Mengatasi Keterbatasan Lahan Pertanian Di Daerah Perkotaan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 1(1), 1–8.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta: Bandung

Sukamdi. (2015). Karakteristik Usaha Manajemen Agribisnis. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 8(1), 1–17.

Sukirno, S. (2000). Makroekonomi Modern. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Suliyanto. (2010). Studi Kelayakan Bisnis: Pendekatan Praktis. Andi: Yogyakarta

Sumarni, Murti, & Wahyuni, S. (2006). Metodologi Penelitian Bisnis. Andi: Yogyakarta.

Sundari, C. (2019). Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang Dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial Di Indonesia. Prosiding Seminar, Fintech dan E-Commerce untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM dan Industri Kreatif, 555–563.

Syahza, A., 2003. Paradigma Baru: Pemasaran Produk Pertanian Berbasis Agribisnis di Daerah Riau. Jurnal Ekonomi, 8(1)

Thaha, A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Brand, 2(1), 148–153.

Tornaghi, C. (2014). Critical Geography of Urban Agriculture. Progres in Human Geography, 38(4), 551–562.

Utomo. B. (2010). Hukum Eknomi dan Bisnis. Andi: Yogyakarta

Wuryaningrat. N. F. (2016). Pemasaran Produk Pertanian: Masalah dan Solusi. Tasharruf: Journal Economic and Business of Islam.1(2), 69-87

Yuni, S., Sartika, D., & Fionasari, D. (2021). Analisis Perilaku Biaya Terhadap Biaya Tetap. Research in Accounting Journal (RAJ), 1(2), 247-253.

Published
2022-09-11