Keputusan Petani dan Pengaruh Pupuk Bersubsidi terhadap Tanaman Jagung di Kecamatan Biboki Moenleu Kabupaten Timor Tengah Utara (Studi Kasus Desa Matabesi)


Abstract viewed : 245 times,     PDF downloaded : 377 times

  • Paulina Taitoh Universitas Timor
  • Boanerges Putra Sipayung Universitas Timor
  • Werenfridus Taena Universitas Timor
  • Mardit Nikodemus Nalle Universitas Timor
Keywords: Jagung, Preferensi, Produksi, Pupuk bersubsidi

Abstract

Pupuk bersubsidi merupakan salah satu sarana produksi yang ketersediaannya oleh pemerintah dengan harga yang sudah dtentukan dengan maksud untuk mengurangi beban petani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keputusan petani dalam membeli dan menggunakan pupuk bersubsidi di Desa Matabesi. Meode yang digunakan adalah metode survei dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Waktu penelitian telah dilaksanakan pada bulan juli 2021 sampai selesai. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 150 orang dan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Variabel yang berpengaruh nyata (α = 5%) terhadap keputusan petani dalam membeli pupuk bersubsidi yaitu : pendapatan dan akses informaasi. 2. Variabel yang berpengaruh nyata (α = 5% dan α = 1%) terhadap keputusan petani dalam menggunakan pupuk bersubsidi yaitu : luas lahan dan pengetahuan (4T).

References

Ardelia, R., & Anwarudin, O. (2020). Akses teknologi informasi melalui media elektronik pada petani KRPL. Jurnal Triton, 11(1), 24-36.

Hery, S. (2012). Akuntansi Keuangan Menangah 1. Bumi Aksara.

Juanda, B. (2009). Ekonometrika Pemodelan dan Pendugaan. IPB Press Bogor. Ekonemetrika.

Kuncoro. (2013). Mudah Memahami dan Menganalis Indikator Ekonomi .UPP STIM Y.

Nurhayati. (2009). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Penilaian Portofolio di SMP N 10 Kota Gorontalo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(2), 129.

Pangan, D. J. T. (2015). Petunjuk Teknis Pengembangan Desa Pertanian Organik. Kementerian Pertanian.

Prasetyo & Marlina, P. (2019). Pengaruh Disiplin kerja dan Kepusasan Kerja Terhadap Kinerja karyawan. Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 21–30.

Sentuf, W., Wati, C., & Semahu, L. (2017). Peningkatan Pengetahuan Petani Tentang Analisa Usaha Tani Kacang Panjang (Vigna sinensis) di Kampung Pasir Putih Distrik Manokwari Timur Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat. Jurnal Triton, 8(2), 38-45.

Setiawati. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Perawatan Diri Pada Lansia di Desa Windu Jaya kecamatan Kadaung Banteng Kabupaten Banyumas (N. Publikasi (ed.)).

Simamora, R. M., Fehabutar, D., M., & L. (2020). The impact of Covid-19 to Indonesian education and its relation to the philosophy of “Merdeka Belajar”. Studies in Philosophy of Science and Education. 1(1), 38–39.

Soekartawati. (1990). Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas. Rajawali Jakarta.

Soekartawi (Prof. Dr.). (2003). Agribisnis: teori dan aplikasinya. PT RajaGrafindo Persada.

Sukirno, S. (2011). Makro ekonomi teori pengantar edisi ketiga. Rajawali Pers, Jakarta.

Supriatna, M. (2013). Bimbingan dan konseling berbasis kompetensi orientasi dasar pengembangan profesi konselor edisi revisi. Jakarta: PT Remaja Grafindo Persada.

Zubachtirodin S, N. A. (2005). Produksi jagung melalui pendekatan pengelolaan Analisis Faktor yang Mempengaruhi Produksi Usahatani Jagung sumberdaya dan tanaman terpadu pada lahan kering masam. Seminar Rutin Puslitbang Tanaman Pangan. Bogor (ID). 25. 197, 25.

Published
2022-09-11