Efektivitas Penyuluhan dalam Upaya Konservasi Kayu Ular (Strychnos ligustrina) di Kampung Warikon, Kabupaten Manokwari, Papua Barat


Abstract viewed : 301 times,     PDF downloaded : 796 times

  • Sulasry Ayu Umasugi Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari
  • Yohanis Yan Makabori Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari
  • Elwin Elwin Politeknik Pembangunan Pertanian Manokwari
Keywords: Minat, Sosialisasi, Tingkat Pemahaman

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh sosialisasi dan tingkat pemahaman masyarakat pada segmen yang berbeda terhadap minat pemanfaatan kayu ular (Strychnos ligustrina). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang bersifat kuantitatif dalam penelitian ini observasi partisipan, wawancara mendalam dan pelaksanaan penyuluhan dengan pendekatan partisipatif pada masyarakat atau Participatory Rural Appraisal (PRA) dengan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 26. Subjek penelitian ini adalah masyarakat papua di Kampung Warikon dengan sampel pada  anak muda dan kelompok orangtua sebanyak 30 orang yang termasuk dalam kriteria atau purposive dimana dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel dalam pengumpulan sumber data menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria tertentu yang ditetapkan sedangkan teknik penunjangnya adalah dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pemahaman kaum muda dan kelompok orangtua sebelum penyuluhan berada pada kategori rendah dan sedang kemudian setelah dilakukan penyuluhan terjadi peningkatan atau berada pada kategori yang sangat tinggi. Selanjutnya pada minat pemanfaatan kayu ular sebelum dilakukan penyuluhan kaum muda dan kelompok orangtua berada pada kategori tidak berminat, setelah dilakukan penyuluhan terjadi peningkatan atau berada pada kategori sangat berminat. Efektivitas penyuluhan menunjukan hasil yang efektif.

References

Al Hasan, R. (2011). Pudarnya kearifan lokal dalam pemanfaatan tanaman songga (Strychnos ligustrina)(Studi Kasus di Kec. Hu’u Kab. Dompu, NTB). In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 8, No. 1).

Asiah, N. (2016). Pengaruh Penyuluhan Dalam Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Pada Pengurus Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa UHAMKA. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 1(2), 97-101.

Balai Karantina Pertanian Kelas I Jayapura. 2017. Kayu Ular. Jayapura.Karantina.Pertanian.Go.Id/Post/Kayu-Ular. Tersedia Online: http://jayapura.karantina.pertanian.go.id/post/kayu-ular. 10 Oktober 2021.

Damayanti, N. A., Pusparini, M., Djannatun, T., & Ferlianti, R. (2017). Metode pre-test dan post-test sebagai salah satu alat ukur keberhasilan kegiatan penyuluhan kesehatan tentang Tuberkulosis di Kelurahan Utan Panjang, Jakarta Pusat. Prosiding SNaPP: Kesehatan (Kedokteran, Kebidanan, Keperawatan, Farmasi, Psikologi), 3(1), 144-150.

Lestari, I. (2019). Pengaruh Penyuluhan Baby Spa Terhadap Minat Ibu Dalam Pelaksanaan Baby Spa. Jurnal Kebidanan, 9(2), 148-154.

Listyani, A., & Hidayat, A. (2014). Pengaruh Penyuluhan terhadap Tingkat Pengetahuan Orangtua tentang Pembinaan Kesehatan Reproduksi Remaja di Dusun Kemorosari I dan II Piyaman Wonosari Gunungkidul (Doctoral dissertation, STIKES'Aisyiyah Yogyakarta).

Setiawan, O., Wahyuni, N., Susila, W. W., Rahayu, A. A. D., & Rostiwati, T. (2014). Bidara laut (Strychnos ligustrina Blume) syn. S. lucida R. Br: Sumber Bahan Obat Potensial di Nusa Tenggara Barat dan Bali. Bogor: Forda Press. ISBN, 978-602.

Siswanto, D. (2012). Hakikat penyuluhan pembangunan dalam masyarakat. Jurnal Filsafat, 22(1).

Trubus. 2013. Atas Bawah Berkhasiat. Trubus, Edisi 522, Mei 2013/XLIV.

Tumonglo, S. I., Purwanto, B., & Mual, C. D. (2017). Evaluasi Penyuluhan Pemanfaatan Daun Sirih Sebagai Pestisida Nabati Dalam Mengendalikan Hama Ulat Tritip (Plutella Xylostella) Pada Tanaman Sawi Di Kampung Wamesa Distrik Manokwari Selatan Kabupaten Manokwari. Jurnal Triton, 8(2), 46-57.

Vander, Zanden J. W. 1979. Sociology. New York: John Wiley and Sons. Vredenbreght, Jacob. 1990. Bawean dan Islam (diindonesiakan oleh A.B. Lapian). Jakarta: INIS.

Widiastuti, S. N., Suryana, Y., & Prabowo, A. (2018). Evaluasi Perubahan Pengetahuan dan Keterampilan Petani Dalam Pembuatan Kompos Jerami Padi di Kelompok Karya Bersama Pampangan Kab. Ogan Komering Ilir. Jurnal Triton, 9(1), 51-58.

Published
2022-09-11