Analisis Produksi Jagung Kuning di Desa Bahutara, Kecamatan Kontukowuna, Kabupaten Muna

  • La Sinaini Program Studi Agribisnis, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Wuna Raha
Keywords: Jagung kuning, Faktor produksi, Produksi

Abstract

Peningkatan produksi jagung seyogyanya diiringi dengan peningkatan produktivitas karena akan berdampak pada penigkatan pendapatan petani. Tujuan penelitian adalah untuk menganaslisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi jagung kuning di Desa Bahutara Kecamatan Kontukowuna Kabupaten Muna. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2018 sampai dengan bulan Agustus 2018. Lokasi penelitian ditentukan secara purposive (sengaja) yaitu Desa Bahutara Kecamatan Kontukowuna Kabupaten Muna karena merupakan salah satu sentra produksi tanaman jagung kuning di Kecamatan Kontukowuna Kabupaten Muna. Sumber data yang digunaan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari responden petani jagung di Desa Bahutara dengan metode acak sederhana, sedangkan data sekunder diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Muna dan Profil Desa Bahutara. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis fungsi produksi Cobb-Douglass, dengan menggunakan alat bantu softwere SPSS versi 16.  Hasil Penelitian menunjukkan secara simultan faktor luas lahan, benih, pupuk urea, dan pupuk NPK Phonska berpengaruh signifikan terhadap produksi jagung kuning di Desa Bahutara, Kecamatan Kontukowuna Kabupaten Muna, sedangkan secara parsial hanya faktor benih berpengaruh signifikan terhadap produksi jagung kuning di Desa Bahutara, Kecamatan Kontukowuna Kabupaten Muna. Usaha tani jagung kuning di Desa Bahutara dapat ditingkatkan perlu dilakukan  pengoahan lahan yang baik, pemberian pupuk urea dan pupuk NPK Phonska secara berimbang terhadap jagung kuning.

References

BPS Kabupaten Muna (2020). Muna Dalam Angka. https://munakab.bps.go.id/publication/2020/04/27/b97bd3328ded040baa6c5408/kabupaten-muna-dalam-angka-2020.html. Diakses 15 Oktober 2020.

Budi, Putri. (2011). Analisis Efisiensi Teknis Penggunaan Faktor Produksi Pada Usahatani Jagung (Zea Mays)Di Desa Sukolilo, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Fakultas Pertanian. Universitas Brawijaya. Tidak di Publikasikan.

Nuryantono, Nunung. (2010). Akankah Indonesia Berswasembada Jagung. Available at http://agrimedia.mb.ipb.ac.id/. (Diakses pada tanggal 20 November 2016).

Purwanto, Zasli. (2008). Analisis Fungsi Keuntungan dan Efisiensi Relatif pada Usahatani Padi Sawah Tadah Hujan (Studi Kasus di Wilayah Prima Tani ds Bunbarat Kec. Rubaru Kab. Sumenep). Tesis. Program Pasca Sarjana. UB. Malang.

Soekartawi. (1991). Agribisnis Teori dan Aplikasinya. CV. Rajawali Perss, Jakarta.

Subandi, M. Syam & A. Widjojo. (1998). Jagung. Balai Penelitian Tanaman Pangan. Bogor

Published
2020-11-18