Penerapan Higiene Personal pada Proses Penyembelihan Hewan Qurban di Masa Pandemi Covid 19 di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat

  • Edi Purrwono Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
Keywords: Higiene personal, Penyembelihan, Hewan qurban, Pandemi covid 19

Abstract

Higiene personal adalah suatu tindakan untuk memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang untuk kesejahteraan baik fisik maupun psikisnya. Perilaku higiene personal yang baik akan meminimalkan pintu masuk mikroorganisme sehingga dengan minimnya mikroorganisme diharapkan dapat meminimalkan resiko individu terkena penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepatuhan dan tingkat kesadaran masyarakat dalam melaksanakan dan menyikapi aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah khususnya dalam hal penerapan higiene personal pada saat proses penyembelihan hewan qurban dimasa pandemik covid 19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang dilakukan di 30 Masjid yang ada di wilayah Kabupaten Manokwari dengan mengacu pada Surat Edaran Nomor. 0008. SE/PK.320/F/06/2020 tentang pelaksanaan kegiatan qurban dalam situasi wabah bencana nonalam Corona Virus Disease (Covid 19). Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar masjid yang ada di wilayah Kabupaten Manokwari belum menerapkan aspek higiene personal pada saat proses penyembelihan hewan qurban dan saat penanganan daging qurban. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  tingkat kepatuhan dan tingkat kesadaran masyarakat dalam melaksanakan dan menyikapi aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah khususnya dalam hal penerapan higiene personal masih rendah.

References

Desiyanto & Djannah. (2013). Efektifitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman, Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol.2 No.2.

Dirjennak. (2020). Surat Edaran No. 0008. SE/PK.320/F/06/2020 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Nonalam Corona Virus Disease (Covid 19). Kementerian Pertanian. Jakarta.

Hariyadi & Ratih. (2009). Memproduksi Pangan yang Aman. Dian Rakyat. Jakarta.

Isro’in L & Andarmoyo S. (2012). Personal Hygiene. Cetakan I Graha Ilmu. Yogyakarta.

Marriott N.G. (1997). Essentials of Food Sanitation. Chapman and Hall. New York.

Winarso A, Darmakusuma D, & Sanam M.U.E. (2018). Promosi kesejahteraan hewan dan higiene sanitasi dalam penyembelihan hewan kurban di Kota Kupang. ARSHI Vet Lett, IPB. Bogor.

Windiana D. Muda I. Indrawati R. Putra W.W. Supratikno & Asnawi. (2015). Menerapkan Higiene Sanitasi. Pusat Pelatihan Pertanian. Jakarta.

Natsir, M.H. (2018). Pengaruh Penyuluhan Ctps Terhadap Peningkatan Pengetahuan Siswa Sdn 169 Bonto Parang Kabupaten Jeneponto. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan (Jnik) Lp2m Unhas, Vol 1, 2.

Published
2020-11-18