Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Anggrek Bulan (Phalaenopsis) di Oemah Anggrek Bukit Unggul Raya Semarang


Abstract viewed : 13 times,     pdf downloaded : 12 times

  • Siti Nur Rochmah Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Dewi Hastuti Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Renan Subantoro Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Hilmi Arija Fachriyan Universitas Wahid Hasyim Semarang
Keywords: Anggrek bulan, Bauran pemasaran, Keputusan pembelian

Abstract

Banyaknya pelaku usaha di bidang anggrek maka diperlukan strategi untuk menghadapi persaingan agar dapat tetap bertahan. Pelaku usaha harus mempunyai strategi pemasaran yang juga merupakan bauran pemasaran sehingga mampu mempengaruhi keputusan pembelian dalam menghadapi ketatnya persaingan produk sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pemasaran anggrek bulan yang diterapkan di Oemah Anggrek, dan mengetahui pengaruh bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion) secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian konsumen anggrek bulan di Oemah Anggrek Bukit Unggul Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 59 orang responden. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi F sebesar 0,000 < 0,01 artinya produk, harga, tempat, promosi secara bersama sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel yang paling signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara berurutan adalah variabel promosi (X4), harga (X2), tempat (X3), produk (X1). Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian anggrek bulan di Oemah Anggrek Bukit Unggul Raya Semarang.

References

Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala likert. Jurnal ilmu pertanian dan perikanan, 2(2), 127-133.

Damayanti, E. (2011). Untung Besar Budidaya Tanaman Anggrek. Araska, Yogyakarta.

Fahmeyzan, D., Soraya, S., & Etmy, D. (2018). Uji normalitas data omzet bulanan pelaku ekonomi mikro desa senggigi dengan menggunakan skewness dan kurtosi. Jurnal Varian, 2(1), 31-36.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ferziana, F. (2013). Pengaruh Pupuk Daun dan Arang Aktif pada Media Subkultur II terhadap Pertumbuhan Bibit Anggrek Phalaenopsis. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 13(3), 144-150..

Gunaisah, Endang. (2021). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi Pada Era Digital). Bandung: Media Sains Indonesia.

Hedynata, M. L., & Radianto, W. E. D. (2016). Strategi promosi dalam meningkatkan Penjualan luscious chocolate potato snack. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 87-96.

Herlina, V. (2019). Panduan praktis mengolah data kuesioner menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo.

Jayanti. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Anggrek Di Taman Anggrek Indonesia Permai. (Skripsi). Jakarta, Indonesia: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Retrieved from: https://uinjkt.ac.id.

Krisna, M., Arifin, M., & Puspitojati, E. (2021). Strategi Pemasaran Online Produk Olahan Pangan. Jurnal Triton, 12(2), 15-26.

Kuncoro, M. (2004). Metode Kuantitatif: Edisi Kedua. Jogjakarta: Unit Penerbit Percetakan AMP YKPN.

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian. (Makalah). Makassar, Indonesia: UIN Alauddin Makassar. Retrieved from:http://uin-alauddin.ac.id.

Melinda, S., Sudjoni, N., & Siswadi, B. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Seedling Anggrek (Di PT Java Indo Arjuna Kecamatan Singosari Kabupaten Malang). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 12(5), 1-11.

Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap pengambilan keputusan pembelian baju batik di toko “Florensia” Kota Sawahlunto. Matua Jurnal, 3(1), 13-24.

Putri, U. A. (2016). Penanganan masalah multikolinearitas pada fungsi produksi Cobb-Douglas dengan pendekatan Partial Least Square-Path Modelling, Studi Kasus: PDRB atas dasar harga berlaku menurut lapangan usaha Jakarta Selatan Tahun 1993-2013 (Bachelor's thesis, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rondani, R. P. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Anggrek di DD Orchid Nursery Kecamatan Junrejo Kabupaten Batu (Doctoral dissertation, UPN Veteran Jawa Timur).

Sarinastiti, N. (2013). Analisis Hubungan Promosi dan Sikap Konsumen dengan Volume Penjualan Tanaman Hias Anggrek (Studi Kasus Pada Handoyo Budi Orchid Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Selang, C. A. (2013). Bauran pemasaran (marketing mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada fresh mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Simamora, N. F., & Situmeang, E. Y. (2018). Analisa Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Showroom Garuda Sibolga. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 1(1), 68-79.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yanti, Mira Djuli. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Kopi Santan Di Desa Jepangrejo Kabupaten Blora. (Skripsi). Semarang, Indonesia: Universitas Wahid Hasyim. Retrieved from:http://unwahas.ac.id.

Yatiman. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Anggrek (Orchidaceae) Di Tempat Usaha Yusra Dan Windha Wan Florist. (Skripsi). Medan, Indonesia: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Yona, S. (2006). Penyusunan studi kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10(2), 76-80.

Yusuf, A. M. (2019). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Edisi Pertama. Cetakan Kedua.. Jakarta: Kencana.

Published
2024-10-18