Analisis Pemasaran Udang Vaname (Litopaneus vannamei) di Desa Mandung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak


Abstract viewed : 60 times,     pdf downloaded : 58 times

  • Ahmad Aldi Kusuma Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Rossi Prabowo Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Indah Arum Ganestyani Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Istanto Istanto Universitas Wahid Hasyim Semarang
Keywords: Margin pemasaran, Saluran pemasaran, Udang vaname

Abstract

Saluran pemasaran merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem agribisnis. Jika mekanisme pemasaran berjalan baik, maka semua pihak yang terlibat akan diuntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer share, dan efisiensi pemasaran Udang Vaname di Desa Mandung. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Metode pengambilan sampel responden untuk petani menggunakan metode purposive sampling, lembaga pemasaran dengan metode snowball sampling. Jumlah responden petani 8 orang, pengepul 4 orang, pedagang pengecer 5 orang, konsumen akhir 6 orang. Metode analisis menggunakan analisis margin, farmer share, dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 2 pola saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran I petani – pedagang pengecer – konsumen akhir dan saluran pemasaran II petani – pengepul – pedagang pengecer – konsumen akhir. Margin pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp 10.000/kg dan margin pemasaran pada saluran pemasaran II sebesar Rp 12.000/kg. Farmer share pada saluran pemasaran I yaitu 86,1% dan farmer share pada saluran II yaitu 73,6%. Tingkat efisiensi pemasaran pada pola saluran pemasaran I dengan persentase 10,8% dan saluran pemasaran II dengan persentase 15,0%. Efisiensi pemasaran udang vaname di Desa Mandung Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak sudah efisien karena <50%.

References

BPS. (2023). Kabupaten kabupaten Dalam Angka tahun 2023. Badan Pusat Statistik Kabupaten Demak.

David, D., & Erickson, S. P. (2002). Manajemen Agribisnis Edisi 4.

Gitosudarmo. (2001). Pemeliharaan Udang Vaname (Lithopeneus vannamei) Dengan Presentase Pemberian Pakan Yang Berbeda. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. 3(2), 58-67

Lisanty, N., Sutiknjo, T. D., Artini, W., & Pamujiati, A. D. (2020). Saluran Pemasaran Bawang Merah di Desa Sentra Produksi Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur. Jurnal Imiah Management Agribisnis (Jimanggis), 1(2), 69-86.

Mubyarto. (2002). Pengantar Ekonomi Pertanian. Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES.

Rosmawati, H. (2011). Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Agronobis, 3(5), 1-9.

Sudrajat, A., Bhoki, M. E., & Isty, G. M. N. (2024). Skala Usaha dan Karakteristik Peternak Kambing Perah Rakyat yang Dipelihara Secara Intensif di Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Journal of Sustainable Agriculture Extension, 2(1), 19-27.

Yasin, M. (2013). Analsis Ekonomi Usaha Tambak Udang Berdasarkan Luas Lahan di Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Litbang Pertanian, 2(2), 15-45.

Published
2024-10-18