Faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Sirop Parijoto di Kabupaten Kudus
Abstract viewed : 22 times, pdf downloaded : 15 times
Abstract
Parijoto (Medinilla speciosa) adalah salah satu tanaman obat potensial di Indonesia yang dikenal sebagai tanaman khas Kudus. Sekarang ini telah banyak berkembang usaha olahan dari buah parijoto di Kabupaten Kudus yang salah satunya adalah sirop parijoto. Terdapat 6 produsen sirop parijoto di Kabupaten Kudus yang rata-rata terpusat di Desa Colo. Terletak di area yang berdekatan membuat beberapa produsen harus saling bersaing agar usahanya tetap bertahan. Memahami faktor-faktor seperti budaya, sosial, psikologis, dan pribadi yang memengaruhi keputusan konsumen menjadi penting guna membantu perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan faktor yang secara dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sirop parijoto di Kabupaten Kudus. Metode dasar penelitian adalah deskriptif analitis dan penentuan lokasi penelitian secara purposive. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 responden dengan penentuan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan regresi linear berganda sebagai alat analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen sirop parijoto di Kabupaten Kudus adalah mayoritas berumur 26-35 tahun, berdomisili di Kecamatan Jati dengan pendidikan terakhir SMA, dan berstatus ibu rumah tangga dengan pendapatan sekitar Rp1.000.001 – Rp2.000.000. Faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian sirop parijoto di Kabupaten Kudus adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis dan faktor yang secara dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sirop parijoto di Kabupaten Kudus adalah faktor budaya.
References
Ahmad, S. J., & Badri, J. (2022). Pengaruh Inflasi dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2013-2021. Jurnal Economina, 1(3): 679-689.
Al-Ghifari, M. I., & Khusnudin (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga dan Biaya Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Denpasar Bali. Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance, 5(2): 421-434.
American Pregnancy Association. Diakses pada 2024. Boost your Fertility with Suplements.
BPS. (2023). Kabupaten Kudus dalam Angka 2023. Badan Pusat Statistik
Hanum, A. S., Prihastanti, E., & Jumari, J. (2017). Ethnobotany of Utilization, Role, and Philosopical Meaning of Parijoto (Medinilla, Spp) on Mount Muria in Kudus Regency, Central Java. In AIP Conference Proceedings, 1868(1).
Harahap, D. A. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak Usu (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 7(3): 227-242.
Hudani, A. (2020). Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Social, dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1(2): 99-107.
Ikhsanudin, Istiyono, E., & Syamsuddin, S. (2023). Efek Besaran Simpangan Baku Sampel Terhadap Nilai Residu dalam Analisis Regresi Berganda Tiga Variabel Bebas. Statistika, 23(2): 88-95.
Iswaila, M., & Norhabiba, F. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Menarik Minat Konsumen Sirup Parijoto (Studi Kasus pada Sirup Parijoto Merek Alammu). The Commercium, 7(1): 123-134.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17 Edition). New York: Pearson.
Milanda, T., Lestari, K., & Tarina, N. T. (2021). Antibacterial Activity of Parijoto (Medinilla Speciosa Blume) Fruit Against Serratia Marcescens and Staphylococcus Aureus. Indonesian Journal of Pharmaceutical Science and Technology, 8(2): 76-85.
Octavia, D. R., Zakaria. M. S., & Nurafifah, D. (2019). Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Swamedikasi yang Rasional di Lamongan. Surya, 11(03), 1-8.
Oktaviani, Y. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Olahan Buah Parijoto Menggunakan Metode Marketing Mix (Studi Kasus: CV. Seleksi Alam Muria). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Oktaviano, D. (2022). Pengaruh Faktor Psikologis dan Sosiologis Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Mobil (Studi pada Konsumen Mobil Avanza di Provinsi Lampung). Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 1(2): 46-54.
Pratama, A. B., & Saino, S. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, 13(4): 630-637.
Pratita, B. W. A., Pratikto, H., & Sutrisno, S. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan di Kober Bar Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 497-503.
Rezky, M. A., & Syahnur, S. (2017). Konsumsi Masyarakat Urban di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Pembangunan, 2(2), 285-296.
Ridanar, N. P., Handayani, S. M., & Adi, R. K. (2021). Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Beras di Kabupaten Sragen. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS (pp. 867-875). Universitas Negeri Sebelas Maret.
Susanto, A., & Pratomo, D. (2024). Analisis Perbedaan Average Abnormal Return dan Trading Volume Activity Sebelum dan Sesudah Vaksinasi Covid-19 di Indonesia (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi). eProceedings of Management, 11(1): 554-560.
Tanamal, M.T., Papilaya, P.M., & Smith, A. (2017). Kandungan Senyawa Flavonoid pada Daun Melinjo (Gnetum gnemon L.) Berdasarkan Perbedaan Tempat Tumbuh. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 3(2), 142-147.
Vifta, R. L., & Advistasari, Y. D., (2018). Skrining Fitokimia, Karakterisasi dan Penentuan Kadar Flavonoid Total Ekstrak dan Fraksi-Fraksi Buah Parijoto (Medinilla speciosa B.). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 1).
Wahyudi, A. (2021). Pengaruh Penerapan Sistem E-Filing, Penerapan Sistem E-Billing, Kebijakan Insentif Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 9(2): 299-308.
Wardandy, I. S., Mukson, M., & Prastiwi, W. D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Daging Ayam Broiler. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 18(1): 1-16.
Yelly, P. (2019). Analisis Makhluk Superior (Naga) dalam Legenda Danau Kembar (Kajian Semiotika Roland Barthes; Dua Pertandaan Jadi Mitos). Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 16(2): 121-125.