Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Produk Olahan Sayur Kangkung di Kota Medan
Abstract viewed : 44 times, PDF downloaded : 37 times
Abstract
Di era digitalisasi, persaingan di pasar kerja semakin ketat, mendorong para wirausahawan untuk menciptakan produk olahan inovatif guna mempertahankan daya saing mereka dan memastikan kesetiaan konsumen. Syifa Hidroponik merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menghadirkan layanan penjualan sayuran secara online. Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan konsumen terhadap produk olahan sayur kangkung rendang dan arsik dari Syifa Hidroponik, dengan fokus pada dua tujuan utama: (1) memahami karakteristik konsumen Syifa Hidroponik, dan (2) menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk olahan kangkung rendang dan arsik. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probabilitas sampling. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif dan Indeks Kepuasan Konsumen (Customer Satisfaction Index/C.S.I). Penelitian ini melibatkan 65 responden, mayoritas di antaranya adalah perempuan dengan tingkat pendidikan terutama pada tingkat sarjana, dan memiliki pendapatan bulanan di atas Rp2.500.000,00. Hasil analisis Indeks Kepuasan Konsumen (C.S.I) menunjukkan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap produk kangkung rendang dan arsik dari Syifa Hidroponik mencapai 82,29%. Temuan ini menandakan bahwa konsumen telah merasa puas dengan kualitas produk olahan inovatif kangkung yang ditawarkan oleh Syifa Hidroponik.
References
Badan Pusat Statistik. (2020). Produksi Tanaman Sayuran di Indonesia 2017-2020. www.bps.go.id (Diakses 10 November 2021).
Husni, M. (2022). 5 Kota Terpadat di Indonesia, Nomor 4 Ada di Luar Pulau Jawa. Isu Bogor.com, Bogor. https://isubogor.rakyat.com/saksama/pr-453637344/5-kota-terpadat-di-indonesianomor-4-ada-di-luar-pulau-jawa?page=2 (19 Maret 2022)
Indrawaty, S., Nurmely, V. Nilai Tambah Pengolahan Kangkung Hidroponik Menjadi Kangkung Rendang Studi Kasus Syifa Hidroponik, Jalan Bromo, Kec. Medan Denai, Medan. Vol 2. No. 2.
Majiid R.I.S., Sutrisno, J., & Barokah, U. (2020). Measuring the Satisfaction Levels of Customers of Fresh Vegetables towards the Marketing Mix in Traditional Markets in Sukoharjo Regency, Indonesia. Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture. 35(1):117–125. doi:10.20961/carakatani.v35i1.34476.
Misbahudin, H. I. (2013). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta (ID): PT Bumi Aksara
Rahmasari, L. F., Nurmalina, R., & Priatna, W. B. (2017). Analisis Sikap, Konsistensi, dan Kepuasan pada Teh Kotak Ultrajaya: An Experimental Marketing Research on IPB Agrobusinessmaster of Science Students. Forum Agrobisnis [Internet]. [diunduh 2018 Januari 24] Tersedia pada:http://journal.ipb.ac.id/index.php/fagb/article/download/20936/14331.
Triatmojo, A., Muzayyanah, M. A. U., & Qui, N. H. (2023). Pengaruh Sosiodemografi terhadap Persepsi Harga Konsumen pada Merek Produk Olahan Daging Hasil Peternakan. Jurnal Triton, 14(1), 263-275.