Strategi Pemasaran Pupuk Organik Cair CV. Wong Agro Lestari


Abstract viewed : 1145 times,     PDF downloaded : 697 times

  • Alliyah Elsa Fitri Politeknik Negeri Lampung
  • Teguh Budi Trisnanto Politeknik Negeri Lampung
  • Sri Handayani Politeknik Negeri Lampung
Keywords: Matriks SWOT, Matriks QSPM, Pupuk organik, Strategi pemasaran

Abstract

CV. Wong Agro Lestari merupakan perusahaan baru yang mempunyai produk pupuk organik cair Wong Agro memiliki permasalahan penjualan yang baru tercapai 59-67%, pemasaran terbatas dan adanya persaingan produk dengan pesaing. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi lingkungan internal dan lingkungan eksternal dalam pemasaran pupuk organik cair Wong Agro, menganalisis strategi pemasaran pupuk organik cair Wong Agro untuk meningkatkan penjualan, merumuskan strategi alternatif pemasaran pupuk organik cair Wong Agro. Penelitian dilakukan di Desa Poncowati Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung. Metode penarikan sampel ditentukan dengan teknik non probability sampling. Strategi pemasaran berdasarkan matriks SWOT adalah kualitas produk yang bermutu sesuai dengan SNI, melakukan promosi menggunakan media digital, melengkapi sarana dan prasarana demplot yang berbasis IT, mempertahankan harga jual produk dengan melakukan sertifikasi organik, melakukan sosialisasi yang memberikan edukasi kepada petani yang bekerjasama dengan penyuluh, dan melakukan pemasaran di kios-kios pertanian dan marketplace. Strategi alternatif yang dirumuskan berdasarkan matriks QSPM yaitu melakukan sosialisasi yang memberikan edukasi kepada petani yang bekerjasama dengan penyuluh, mempertahankan harga jual produk dengan melakukan sertifikasi organik, melakukan pemasaran di kios-kios pertanian dan marketplace, dan meningkatkan kualitas produk yang bermutu sesuai dengan SNI.

References

Arfianti, Alyah. (2017). Analisis Swot Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Pt.Trimega Syariah Kantor Cabang Makassar. Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar.

Assauri, Sofyan. (1990). Manajemen Pemasaran. Jakarta: CV. RajawaliAsri.

Baroto, T., & Purbohadiningrat, C. (2014). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Ppob Kipo Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM. Jurnal Teknik Industri, 15(1), 88. https://doi.org/10.22219/jtiumm.vol15.no1.88-102.

Dayat. (2017). Persepsi Petani Terhadap Pelaksanaan Penyuluhan Berorientasi Agribisnis Padi Di Kabupaten Bogor. Jurnal Triton, 8(1), 1-11.

Ferdiansyah, M. & Hidayat, S. (2020). Membangun Aplikasi Pemasaran Produk untuk Meningkatkan Potensi Daerah pada Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. ONESISMIK, 4 (1). ISSN : 2657-0750.

Handayani, Sri, Irmayani Noer, & Rini Desfaryani. (2022). "Development Strategy of Organik Rice in Lampung Selatan Regency." IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1012(1). IOP Publishing.

Kementerian Pertanian. (2019). Persyaratan Teknis Minimal Pupuk Organik, Pupuk Hayati, dan Pembenah Tanah. No. 261/KPTS/SR.310/M/4/2019.

Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Krisna, M., Arifin, M., & Puspitojati, E. (2021). Strategi Pemasaran Online Produk Olahan Pangan. Jurnal Triton, 12(2), 15-26.

Marwan.(1986). Marketing, Edisi Satu. Yogyakarta : BPFE.

Novalia, F. E., Firdaus, M., & Hidayah, T. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pupuk Pertanian Bersubsidi Pada Kios Resmi Ud. Hasri Jaya Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Jurnal Agribest, 2(1). https://doi.org/10.32528/agribest.v2i1.1379.

Praniti, N., Parining, N., & Putra, I. (2016). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pupuk Organik (Studi Kasus Pada Simantri 174 Gapoktan Dharma Pertiwi Kelurahan Lukluk, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung). E-Journal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal of Agribusiness and Agritourism), 5(1).

Pratama, Andika. (2015). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Pupuk NPK pada PT Nusa Palapa Gemilang. Fakultas Ekonomi, Universitas Majapahit, Jawa Timur.

Purnama, C.M. Lingga. (2002). Strategic Marketing Plan, Cetakan Kedua, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rangkuti, Freddy. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Syam, Saiful. (2014). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Pupuk Organik Cair pada Gapoktan Sipakainge. Fakultas peternakan,

Published
2022-09-11